Suara Kicau Burung Anis/Punglor Sulawesi

Anis sulawesi (Cataponera turdoides ) adalah spesies burung kicau yang tergolong dalam kelompok burung jenis Punglor atau anis yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut kelompok burung Thrush dari famili Turdidae.Burung ini endemik di Indonesia dan hanya di temukan di hutan dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.
Suara kicau burung anis sulawesi yang mantab

Burung Anis Sulawesi atau Sulawesi Thrush berukuran sedang. Panjang tubuhnya berkisar antara 20-25 cm. Bulu tubuhnya secara umum terlihat berwarna coklat. Mahkota berwarna coklat tua dengan garis berwarna hitam di atas mata. Paruh dan lingkaran mata berwarna orange (merah kekuningan),termasuk kulit kaki yang juga berwarna orange.

Jika dilihat secara fisiknya,tampilan burung Anis sulawesi ini lebih mirip dengan burung-burung jenis Garrulax atau yang biasa disebut Burung Poksay. Lihat saja gambar diatas disaat bertengger di batang pohon,ekornya lebih panjang dibanding dengan Anis merah,Anis kembang dan Song Thrush,tampilannya lebih mirip dengan anis biru.

Mungkin perbedaan inilah yang membuat para pakar mengelompokkan burung Sulawesi thrush kedalam genus tersendiri yaitu Cataponera yang dalam nama latinnya adalah ( Cataponera
turdoides ). Jadi artinya,dalam genus Cataponera itu hanya ada satu species burung dan satu-satunya species tersebut hanya berada di Sulawesi.

Mungkin banyak sobat kicau mania yang belum tahu dengan burung ini,suara kicaunya mantab lho. Ini saya punya satu koleksi,namun sayang kualitas suara mp3nua kurang bagus. Sejauh ini baru ada 2 suara yang di upload ke situs file sharing suara burung internasional,di youtube juga tidak ada. Jadi silahkan dengarkan apa adanya dulu,biar kemresek tapi bisa didengar kemampuan burung ini dalam berkicau.
Sejauh ini belum ada data khusus tentang jumlah burung Anis sulawesi ini,meskipun belum termasuk dalam daftar species burung yang dilindungi,saya berharap agar para penduduk,masyarakat sekitar tetap menjaga kelestarian burung ini di alam bebas,mengingat species ini hanya berada di Indonesia. Sekian semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Suara Kicau Burung Anis/Punglor Sulawesi"
Back To Top