4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot

4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot. Burung cucak adalah jenis burung pengicau yang dikelompokkan menjadi satu keluarga besar yang disebut Bulbul. Burung jenis ini suka memakan buah-buahan dan juga serangga. Ada banyak sekali jenis burung cucak yang paling banyak tersebar di Asia,meskipun ada juga yang terdapat di Eropa,Afrika dan Australia.

Salah satu jenis burung cucak yang biasa dipelihara oleh para penghobi burung adalah burung cucak jenggot. Dinamakan cucak jenggot karena pada bagian tenggorokan burung ini memiliki bulu yang bisa di gerakkan hingga menyerupai seperti jenggot manusia. Meskipun sebenarnya tidak mirip.
Berikut ini 3 jenis burung yang mempunyai tampilan fisik mirip dengan cucak jenggot.

1. Palawan Bulbul

4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot
img properties by google

Palawan bulbul atau grey-throated bulbul (Alophoixus frater) adalah spesies burung cucak endemik pulau Palawan di Philippines. Dahulu spesies ini di klasifikasikan sebagai spesies tersendiri, tapi sekarang sudah di masukkan sebagai sub spesies dari grey checked bulbul atau cucak jenggot. Suara kicaunya kasar,bagaikan perpaduan antara cucak jenggot dan kapas tembak.

2. Kapas Tembak
Mp3 suara burung kapas tembak download
img by ron-nature-adventure.blogspot.com

Kapas tembak atau Ochraceous Bulbul (Alophoixus ochraceus) Kita tahu bahwa ada spesies lain yang juga populer di kancah perburungan Indonesia yang menyerupai dengan cucak jenggot,namun memiliki suara yang kasar, yaitu burung kapas tembak. Antara keduanya memang hampir sama,antara warna bulunya,mempunyai jambul dan mempunyai jenggot, namun bisa dilihat secara kasat mata perbedaan keduanya. Perhatikan gambar diatas

3. Puff throated bulbul
4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot
img properties by google

Puff-throated bulbul (Alophoixus pallidus ) adalah spesies burung pengicau /songbird dari keluarga cucak- cucakan/Pycnonotidae. Burung ini dapat dijumpai di kawasan Kamboja, China, Laos, Burma, Thailand dan Vietnam. Habitat aslinya di hutan tropis maupun sub tropis. Memiliki ukuran panjang sekitar ( 23 cm) dengan bagian atas tubuhnya berwarna coklat zaitun, bergaris kuning dasar, dan bulu tenggorokan putih. Mirip dengan penampilan White- throated bulbul tetapi lebih kusam. Kaki hitam dengan iris mata dan paruh coklat . Burung jantan dan betina secara fisik warnanya nyaris sukar dibedakan.

4. White throated bulbul
4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot
img properties by google

White-throated bulbul (Alophoixus flaveolus) merupakan jenis burung cucak-cucakkan yang masih satu ras dengan cucak jenggot. Penyebaran burung ini ada di Bangladesh, Bhutan, China, India, Burma, Nepal dan Thailand. Tidak dijumpai di Indonesia.

Dari 4 jenis burung diatas,hanya tiga yang membuat saya pusing untuk memahaminya. Sangat mirip memang antara warna dan bentuknya yang memiliki jambul diatas dan dibawah. Meskipun demikian,suara kicaunya berbeda-beda. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Suara burung palawan bulbul
Suara burung kapas tembak
Suara burung puff throated bulbul
Suara burung white throated bulbul
  • Download Mp3 (comming soon)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "4 jenis burung cucak yang mirip dengan cucak jenggot"
Back To Top