Suara Burung Sikatan Belang

Burung sikatan belang atau biasa disebut Burung Sambar Gunung ini  dalam bahasa Inggris disebut Little Pied Flycatcher. Burung ini berukuran kecil (11 cm). Burung jantan dan betina memiliki warna bulu yang berbeda. Pada burung Jantan,di bagian alis, garis sayap, pingggir pangkal ekor, dan tubuh bagian bawah berwarna putih,tubuh bagian atas hitam. Sedangkan pada burung Betina, tubuh bagian atas coklat keabu- abuan. Tubuh bagian bawah keputih- putihan. Untuk burung yang berusia Remaja,memiliki warna bulu coklat berbintik kuning kecoklatan. Iris coklat, paruh hitam dan kaki hitam.
Suara burung sikatan belang
img from search engine

Secara garis besar,wilayah penyebaran dan habitat burung ini cukup luas. Meliputi kawasan India sampai Cina selatan, Filipina, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar dan Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku.

Di Indonesia,burung ini terdapat di hutan lokal pegunungan, antara ketinggian 1.000-2.600 m di seluruh Sunda Besar. Sering mengunjungi hutan pegunungan, hutan lumut, dan hutan cemara gunung. Mencari makan di semua tingkat tajuk. Sering bergabung dengan kelompok campuran.

Suara Burung sikatan belang secara teratur mengeluarkan kicauan bernada tinggi yang lemah, nada-nada pertama naik, kemudian turun “pi-pi-pi-pi-pi” diselingi getaran rendah “crrr” dan “tii”. Silahkan dengarkan suara asli hutan burung sikatan belang dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
5 Komentar untuk "Suara Burung Sikatan Belang"

Suggeng siang/sore Mas Rip :
Unik rupa burung Sikatan belang itu ya Mas, di magelang masih ada Mas jenis populasi burung itu..?

Suaranya nya juga sangat merdu Mas burung Sikatan belang itu. Mas Rip emang pakar nya dalam hal burung. saya percaya 1000% deh Mas hehe :D

Saya kantongin dulu deh pertamax sama burung nya :D

Apa bedanya mas sama suara laki-laki hidung belant....hahhhahahahha

Back To Top