Burung Isap Madu Dada Coklat

Burung isap madu dada coklat atau yang dalam bahasa Internasional perburungannya disebut dengan tawny-breasted honeyeater (Xanthotis flaviventer) ini adalah spesies burung dari keluarga Meliphagidae (isap madu). Burung ini memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang sekitar 20 cm. Berwarna coklat dengan tenggorokan abu-abu. Terdapat bercak pucat samar di kulit yang gundul di belakang mata dan garis kuning kecil di telinga (pada kebanyakan ras).

Hampir mirip dengan burung isap-madu polos,bedanya jika isap madu polos tidak ada bercak di belakang mata dan coretan di telinga kuning. Mirip juga dengan Isap-madu pualam,Cikua kerdil ,dan Cucak-lurus coklat.
Burung isap madu dada coklat atau yang dalam bahasa Internasional perburungannya disebut dengan tawny-breasted honeyeater (Xanthotis flaviventer)

Habitat asli burung ini Hidup di hutan, tepi hutan dari ketinggian permukaan laut sampai 1500 m. Spesies burung ini dapat dijumpai di P. Papua, Yapen, Kep. Aru. Juga di Kep. D’Entrecasteaux, P. Trobriand, dan Australia bagian utara. Makanan burung ini adalah buah-buahan, nektar, dan juga memakan serangga.

Suara burung ini berupa nada Siulan yang terdengar seperti kata “wheat woot whit” yang diulang-ulang. Juga Suara yang terdengar seperti kata “whuk” atau “tup” pelan seperti burung jenis meliphagidae pada umumnya. Berikut ada satu file audio suara burung Isap madu dada coklat. Silahkan dengarkan suara kicaunya dibawah ini.
Refferensi dari identifikasi burung diatas dikutip dari kutilang.or.id dengan penambahan dari situs lain seperti wikipedia dan hbw.com.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top