Tarian-Tarian Burung Yang Memukau

Umumnya kita melihat aktivitas burung itu hanya terbang dan berkicau,jarang melihat aksi yang unik seperti menari. Namun ada beberapa jenis burung yang memiliki kebiasaan menari unik dan memukau. Aktivitas ini dilakukan pada musim berkembang-biak. Tujuannya adalah untuk merayu burung betina dalam mencari pasangan. Berikut adalah beberapa jenis burung yang selama hidupnya harus pintar melakukan tarian unik supaya mendapatkan pasangan.

1. Cenderawasih/Bird-of-paradise
Siapa yang tidak kenal dengan burung cenderawasih?, pasti sebagai penghobi burung tahu dengan burung ini. Terdapat beberapa jenis burung cenderawasih dengan warna bulu dan bentuk fisik yang berbeda-beda,lebih lengkapnya bisa kalian baca-baca pada artikel Timkicau tentang Burung Cenderawasih. Jenis burung ini hanya terdapat di Indonesia bagian timur dan beberapa diantaranya juga dapat dijumpai di Australia.

Ketika musim berkembang biak,burung cenderawasih memiliki ritual khusus dalam memikat pasangannya,yaitu dengan melakukan tarian yang dilakukan oleh burung-burung jantan. Burung betina akan memilih satu pasangan yang dianggapnya paling menarik dalam tariannya. Masing-masing spesies memiliki tradisi yang berbeda,ada pejantan yang hanya mencari satu pasangan atau berpoligami. Contoh tarian burung Cenderawasih yang paling unik adalah tarian Parotia Foja seperti gambar dibawah ini.

Tarian-Tarian Burung Yang Memukau
2. Namdur
Masih dari spesies burung yang dapat dijumpai di Indonesia,yaitu Burung Namdur atau Bowerbird. Burung namdur jantan dikenal sangat piawai dalam mendesain sarang,sementara burung namdur betina dikenal dengan sifatnya yang materialistis karena burung betina hanya akan memilih burung jantan yang sarang/rumahnya paling bagus ketika musim berkembang biak. Tidak hanya dengan memiliki kemampuan mendesain sarang saja,beberapa jenis burung namdur juga harus melakukan tarian untuk menyambut kedatangan burung betina. Seperti burung Namdur Emas dibawah ini.
enis burung yang memiliki kebiasaan menari unik dan memukau. Aktivitas ini dilakukan pada musim berkembang-biak. Tujuannya adalah untuk merayu burung betina dalam mencari pasangan.
3. Burung Manakin
Mungkin belum banyak yang mengenal nama burung yang berasal dari Benua Amerika yang satu ini. Burung jenis manakin yang paling terkenal adalah red-capped manakin (Ceratopipra mentalis) karena memiliki tarian yang unik bergaya moonwalk seperti gaya jogednya Michael Jackson. Dalam mencari pasangan,burung ini akan beradu tarian antara burung jantan yang satu dengan yang lain untuk memikat burung betina. Gerakan kesamping kanan dan kiri terlihat sangat cepat ditambah dengan gerakan sayap bersuara menjadi salah satu ciri khas tariannya.

Berikut adalah contoh gambar burung manakin ketika menari.
enis burung yang memiliki kebiasaan menari unik dan memukau. Aktivitas ini dilakukan pada musim berkembang-biak. Tujuannya adalah untuk merayu burung betina dalam mencari pasangan.

Masih ada beberapa spesies burung dengan tarian-tarian yang unik lainnya sebagai ritual mencari pasangan yang belum kami masukkan kedalam daftar postingan ini. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top