3 Jenis Burung Sikatan Dengan Warna Bulu Yang Mirip

Burung sikatan atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Flycatchers ini merupakan jenis burung pengicau dari keluarga besar Muscicapidae. Terdapat sekitar 322 spesies burung sikatan yang tersebar di negara-negara yang ada di Asia,Eropa dan Afrika. Banyak diantaranya dapat dijumpai di Indonesia,dan yang paling populer di kalangan pecinta kicau mania tanah air adalah sikatan cacing atau populer disebut tledekan gunung maupun sulingan gunung.

Ada 3 jenis burung sikatan yang memiliki tampilan warna bulu yang hampir mirip,ketiga spesies ini sudah kami bahas sebelumnya di situs timkicau,silahkan kalian cari sendiri. Adapun ketiga spesies burung ini adalah sebagai berikut,gambar dapat dilihat dibawah ini beserta perbedaannya.
3 Jenis Burung Sikatan Dengan Warna Bulu Yang Mirip


  1. Sikatan Emas -Burung ini hanya memiliki 3 unsur warna bulu,yaitu hitam,putih dan kuning cerah.
  2. Sikatan Mugimaki -Burung ini sering juga disebut dengan nama sikatan bodoh maupun sikatan gunung. Bedanya dengan sikatan emas adalah pada bagian dada burung ini berwarna orange atau kecoklatan dan garis putih yang berada di atas matanya agak kebelakang.
  3. Sikatan Narsis -Burung ini hampir mirip dengan sikatan emas,perbedaannya terlihat di bagian tenggorokan berwarna orange yang diteruskan dengan warna kuning sedikit lalu berwarna putih dibagian bawah belakang tubuhnya. Selain itu,warna pada garis diatas mata berwarna kuning.
Ketiga spesies burung tersebut juga memiliki suara kicauan yang berbeda. Untuk suara kicaunya dapat kalian saksikan melalui video yang sudah kami upload di youtube. Silahkan klik tautan link dibawah ini:
Untuk file audionya bisa kalian cari di situs ini. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Back To Top