Kicau Merdu Sikatan Narsis di Hutan

Burung sikatan narsis atau Narcissus Flycatcher (Ficedula narcissina) ini adalah salah satu jenis burung sikatan atau yang disebut juga dengan burung sulingan. Memiliki tubuh berukuran kecil sekitar 13 cm, dengan dominasi warna hitam dan kuning. Tubuh bagian atas burung jantan berwarna hitam dengan alis dan tunggir kuning, serta bercak putih di sayap. Tubuh bagian bawahnya kuning tergradasi menjadi putih pada bagian perut bawah dan tungging. Mirip seperti Sikatan Emas,perbedaannya terdapat pada warna bagian tenggorokan-leher warnanya agak kemerahan,sedangkan sikatan emas berwarna kuning cerah.

Untuk burung betina berwarna abu-abu zaitun dengan ekor merah-karat. Tubuh bagian bawahnya berwarna coklat-muda tersapu kekuningan. Mirip juga dengan burung Sikatan emas betina, bedanya dari warna tunggirnya yang zaitun tidak kuning buram.Iris coklat-tua, paruh hitam-kebiruan, Kaki biru-kelam.
Kicau Merdu Sikatan Narsis di Hutan

Suara burung ini juga hampir mirip dengan suara burung Sikatan emas. Memiliki beberapa vareasi lagu kicauan merdu yang dinyanyikan secara berulang. Berikut ada 4 vareasi lagu kicauan burung sikatan narsis yang bisa kalian unduh melalui link dibawah ini.
Suara Burung Sikatan Narsis V1
Download Mp3
Suara Burung Sikatan Narsis V2
Download Mp3
Suara Burung Sikatan Narsis V3
Download Mp3
Suara Burung Sikatan Narsis V4
Download Mp3
Suara Burung Sikatan Narsis V5
Download Mp3

Persebaran dan ras Spesies burung ini dinegara kita memiliki status sebagai burung migran yang memiliki habitat asli di Asia Timur. Secara umum,spesies burung ini dibagi menjadi tiga ras dengan daerah persebaran sebagai berikut:
  1. Ficedula narcissina narcissina (Temminck, 1836): berbiak di P. Sakhalin, Kep. Kuril selatan, dan Jepang (kecuali Kep. Ryukyu); dan bermigrasi saat musim dingin ke Hainan, Filipina, dan Kalimantan.
  2. Ficedula narcissina owstoni (Bangs, 1901): Kep. Ryukyu (Tanegashima ke selatan sampai Iriomote).
  3. Ficedula narcissina elisae (Weigold, 1922): berbiak di Cina bagian timur (Hebei timur-laut dan Shanxi); dan bermigrasi saat musim dingin ke Thailand bagian selatan dan Semenanjung Malaysia.
Back To Top