Suara Merdu Burung Sikatan Emas

Burung Sikatan emas (Ficedula zanthopygia) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Ficedula. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga dan memiliki habitat di semak, pepohonan. tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.Sikatan emas memiliki tubuh berukuran kecil (13 cm) dan memiliki warna bulu di bagian dada kuning ke emasan. Burung jantan dan betina dapat dibedakan dengan jelas karena keduanya memiliki warna bulu yang berbeda.

Pada burung jantan,bagian tunggir, tenggorokan, dada, dan perut atas berwarna kuning. Perut bawah dan penutup ekor bawah berwarna putih. Bagian lain hitam, kecuali alis dan garis sayap putih. Sedangkan untuk burung dengan kelamin betina, pada bagian tubuh atas berwarna coklat buram. Tubuh bagian bawah lebih pucat. Tunggir kuning buram. Iris coklat, paruh hitam dan kaki hitam.
Suara Merdu Burung Sikatan Emas

Kebiasaan burung ini sering bersembunyi di dalam tajuk pohon. Di Negara Asia Timur sering disebut peri hutan,dikarenakan lebih sering terdengar daripada terlihat. Suara burung ini cukup merdu dengan vareasi lagu kicauan yang sedikit. Silahkan bagi yang mau mendengarkan bisa kalian unduh suara kicaunya dibawah ini.
Suara Burung Sikatan Emas
Suara Burung Sikatan Emas
Habitat asli burung ini berada di kawasan Asia timur laut. Ketika musim dingin,burung ini akan bermigrasi menuju Cina selatan, Asia tenggara dan Sunda Besar.
Back To Top