Burung Isap Madu Anis

Burung Isap Madu Anis -Isap Madu Anis atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Silver-eared Honeyeater (Lichmera alboauricularis) ini merupakan salah satu jenis burung Isap Madu yang berukuran kecil (15 cm). Berbintik sangat banyak di bagian dada dan ada bercak keputih-putihan di telinga. Kebiasaan burung ini sering dijumpai bergerombol dan ribut.

Suara burung ini berupa serangkaian nada yang terdengar seperti kata “shree shree shrew shrew…” yang dinyanyikan semakin meninggi berirama tetapi kasar, parau, menurun, semakin cepat, diucapkan cepat, biasanya dari penutup vegetasi. Sering beberapa burung bersuara bersama.
Burung Isap Madu Anis

Persebaran dan Ras P. Papua bagian tenggara, Sepik-Ramu dan Papua bagian barat-laut. Terdiri dari dua sub-spesies:
  1. Lichmera alboauricularis olivacea Mayr, 1938 – dataran rendah papua bagian utara, dari Danau Sentani dan S. Idenburg-Mamberamo ke timur sampai S. Ramu, termasuk hulu dan tengah S. Sepik.
  2. Lichmera alboauricularis alboauricularis (E. P. Ramsay, 1878) – pesisir dataran rendah Papua Nugini bagian tenggara.
Habitat asli burung ini menghuni habitat terbuka yang biasanya di dekat pesisir atau di sepanjang sungai besar, sungai, tepi danau, perkebunan kelapa, pemukiman dan semak. Bergerombol tetapi sering sulit dilihat karena bersembunyi di antara vegetasi dan bergerak cepat.
Back To Top