Suara Burung Sikatan Biru-Putih/Sulingan Laut

Burung sikatan biru putih (Cyanoptila cyanomelana) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Cyanoptila. Dalam dunia kicau mania tanah air,burung ini lebih dikenal sebagai Sulingan atau Sikatan Laut. Termasuk jenis burung pemakan kumbang, tawon, buah kecil dan memiliki habitat di hutan primer, hutan sekunder yang tersebar sampai ketinggain 1.400 m dpl.

Ciri-ciri burung Sikatan biru-putih adalah memiliki tubuh berukuran agak besar dengan panjang tubuhnya mencapai 17 cm. Ciri fisik pada burung jantan di bagian muka, tenggorokan, dada atas berwarna hitam. Dada bawah, perut, penutup ekor bawah putih. Tubuh bagian atas biru mengkilap. Bercak putih pada pangkal ekor. Sedangkan untuk burung sulingan laut betina pada bagian tubuh atas berwarna coklat abu-abu. Sayap dan ekor coklat. Tenggorokan tengah dan perut putih. Iris coklat, paruh hitam dan berkaki hitam.
Suara Burung Sikatan Biru-Putih/Sulingan Laut

Suara burung ini berupa nada siulan khas yang merdu. Berikut ini kami memiliki beberapa koleksi audio suara burung sulingan laut yang bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
  1. Suara Burung Sikatan Biru Putih
  2. Suara Burung Sikatan Biru Putih
  3. Suara Burung Sikatan Biru Putih
Habitat dan wilayah perkembangbiakan burung ini berada di kawasan Asia timur laut. Di Indonesia sering dijumpai burung ini dan mudah sekali dijumpai di pasar burung pada musim tertentu dengan jumlah yang banyak (ombyok). Sebenarnya burung ini hanya bermigrasi saja mencari kehangatan. Selain ke Indonesia,burung ini juga tercatat bermigrasi hingga ke Cina, dan beberapa negara di Asia tenggara.
Back To Top