Burung Pijantung Tasmak

Burung pijantung adalah jenis burung dari keluarga pemakan nektar yang masih berkerabat dengan burung kolibri maupun burung madu.Ukuran tubuhnya lebih besar dengan paruh yang lebih panjang dibanding dengan burung madu.Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis burung pijantung seperti Pijantung Bukit,Pijantung Gunung,Pijantung Kalimantan.Di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan cukjantung.
Burung Pijantung Tasmak

Burung yang memiliki nama dalam bahasa Inggris Spectacled Spiderhunter dan nama latinnya Arachnothera flavigaster (Eyton, 1839) ini memiliki tubuh yang berukuran besar (sekitar 21 cm). Memiliki warna bulu dominan berwarna zaitun, penutup telinga dan lingkar mata kuning. Perbedaan dengan Pijantung Telinga-kuning: ukuran lebih besar, paruh lebih pendek, penutup telinga lebih kecil, lingkar mata lebih lebar, garis pada dada dan tenggorokan lebih sedikit. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat kekuningan.

Penyebaran dan Ras burung ini dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Burung ini dapat dijumpai di hutan terbuka di kawasan Sumatra dan Kalimantan. Juga dapat ditemui di perkebunan kelapa, kebun pedesaan, dan belukar sampai pada ketinggian 1300 m.Kebiasaannya sering terbang sangat cepat diantara pepohonan yang rindang.

Di Kalimantan masih dapat ditemui sampai pada ketinggian 1800 m. Secara umum dapat ditemui di hutan sekunder. Sangat agresif dalam mempertahankan teretori mencari makan.Suara burung ini hanya berupa suara panggilan-panggilan pendek.Silahkan bisa kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan jika ada permintaan suara burung lainnya jika kalian cari di situs ini tidak ada,silahkan hubungi kami melalui facebook atau Email yang tertera pada kontak form diatas.
0 Komentar untuk "Burung Pijantung Tasmak"
Back To Top