Suara Asli Burung Madu Jawa di Alam

Burung madu dawa atau di dunia kicauan Indonesia sering disebut kolibri jawa ini merupakan spesies asli burung madu yang hanya terdapat di pulau Jawa.Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini  disebut dengan Javan Sunbirds yang memiliki nama latin Aethopyga mystacalis.Di beberapa daerah,burung ini dikenal dengan beberapa sebutan,diantaranya Jantungan merah, Plisi kembang (Jawa), Klaces, Madu merah, Sesep madu (Sunda).
Suara Asli Burung Madu Jawa di Alam

Memiliki tubuh yang berukuran kecil,sekitar12 cm (termasuk ekornya yang panjang), berwana merah terang (jantan).Pada burung Jantan dibagian mahkota, setrip malar, dan ekor yang panjang ungu gelap mengkilap'kepala, dada dan punggung merah padam, tunggir merah muda, sayap berwarna zaitun, perut abu-abu muda.Perbedaannya dengan burung-madu sepah-raja : dahi merah, ekor lebih panjang, dan perut putih.

Sedangkan untuk burung Betina berukuran lebih kecil dengan warna abu-abu-zaitun buram. Ciri khasnya : sapuan merah pada sayap dan ekor. Iris coklat tua, paruh dan kaki coklat.Cukup umum terdapat dihutan dan pinggir hutan, sampai ketinggian 1.600 m di Jawa. Hidup berpasangan, agak ribut. Tinggal pada tajuk atas, sering mengunjungi bunga benalu. Memakan bunga, nektar, biji, serangga, dan laba-laba. Sarang menggantung seperti burung madu lainnya. Telur 1-2 berwarna coklat berbintik putih. Tercatat berbiak dari Mei-Maret di Jawa Barat.

Suara burung madu jawa dapat kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
0 Komentar untuk "Suara Asli Burung Madu Jawa di Alam"
Back To Top