Teknik photography macro/bokeh menggunakan ponsel

Tekhnik photography macro atau bokeh atau blur menggunakan kamera HP ponsel- Kalau kita menggunakan kamera DSLR mungkin teknik ini bukan sesuatu tekhnik yang sukar,tapi kalau menggunakan ponsel bagaimana?. Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba membuat sebuah trik photografi menggunakan kamera ponsel atau HP. Teknik ini hanya memanfaatkan fitur macro pada kamera ponsel kita.

Tidak semua kamera HP yang mempunyai focus mode macro yang berfungsi dengan baik,atau cuma pelengkap sebuah kamera saja.Kenapa saya bilang cuma sebagai peelengkap sebuah kamera?, kita bisa lihat sendiri dengan fitur kamera ponsel yang kita miliki,perbandingkan jepretan antara settingan yang menggunakan focus mode macro dengan yang autofocus ada perbedaannya tidak, nah untuk membandingkan coba dekatkan kamera ponsel kita ke object yang sangat dekat,maka nanti object tersebut akan kelihatan lebih terang dari background atau sebaliknya.

Teknik potography macro/bokeh menggunakan ponsel
Teknik photo macro
Saya menggunakan samsung galaxy ace yang telah saya kembalikan ke gingerbread, fitur kamera standar pada versi ini juga focus mode macro nya berfungsi,tapi untuk menggunakannya cukup susah. Sebelum saya kembalikan ke gingerbread,pada waktu itu saya mengguanakan custom rom ICS 5,nah di versi ini focus mode macro nya cukup bagus dan berfungsi secara bagus.Baiklah mari kita mulai caranya,sebelumnya saya sarankan untuk yang menggunakan ponsel Android, agar hasilnya lebih bagus silahkan gunakan aplikasi Camera FV-5

1.Buka kamera/aplikasi Camera nya
2.Pada pengaturan kameranya,pilih focus mode macro,atau pada aplikasi camera fv 5 silahkan lihat gambar di bawah,dan pilih yang macro(tengah)

Aplikasi fotografi Android yang mirip DSLR

3.Kemudian pada pengaturan metering mode yang paling kecil,
4.Dekatkan kamera Anda pada object yang ingin Anda jepret kurang lebih 5-15 cm,seperti halnya kita menggunakan kamera DSLR,dekatkan,jauhkan,maju-mundur (seperti memutar/zooming pada DSLR) hingga object tersebut kelihatan lebih jelas dibandingkan background nya.Usahakan object yang akan Anda foto dengan background nya disesuaikan,semakin jauh jarak object dengan background nya,maka background akan semakin blurr lagi.
5.Ketenangan sangat dibutuhkan untuk hasil yang bagus,latihan terus yang pasti,agar bisa menemukan posisi yang pas untuk jepret.

Berikut ada beberapa hasil percobaan yang saya buat,masih fresh dari HP langsung saya upload ke blogger,alias belum masuk ke software editing apapun dan masih apa adanya.Insyaallah besok kalau ada waktu,ingin saya perbaiki kwalitas gambarnya.
Informasi foto;
Kamera-Samsung Galaxy Ace S5830(5MP)
Aplikasi-Camera FV-5
ISO-100
Waktu pengambilan-saat terik matahari atau tengah hari
Maaf foto di bawah agak rusak karena koneksi internet yang sangat lambat, jadi tidak full terload semua.
Tekhnik fotografi macro menggunakan ponsel

Tekhnik fotografi macro/bokeh menggunakan ponsel

Tekhnik fotografi macro/bokeh menggunakan ponsel

Tekhnik fotografi macro/bokeh menggunakan ponsel
Pagi hari
Tekhnik fotografi macro/bokeh menggunakan ponsel

Foto-foto diatas hanya menggunakan kamera standart saja,nah kalau ingin hasil yang lebih maksimal,lebih bagus lagi,dan lebih bokeh silahkan kamera ponsel Anda ditambah dengan menggunakan lensa tambahan untuk ponsel,atau lensa eksternal.Berikut contoh foto yang menggunakan lensa eksternal yang saya dapat dari blog sebelah,tepatnya di http://coferone.blogspot.com/2012/12/fotografi-macro-menggunakan-kamera_1.html
Teknik photography macro menggunakan ponselTeknik potography macro/bokeh menggunakan ponsel


atau di related post pada photografi di blog ini.
26 Komentar untuk "Teknik photography macro/bokeh menggunakan ponsel"
Back To Top