Nama Candi-candi di Magelang

Tempat-tempat atau object wisata candi-candi yang ada di Magelang yang dapat Anda kunjungi dan lihat seperti berikut.
borobudur
Candi Borobudur
Borobudur merupakan nama dari sebuah candi Buddha yang berada di Borobudur,Magelang,Jawa Tengah.Candi Borobudur ini letaknya kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang,86 km di sebelah barat Surakarta,dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.Borobudur dibuat oleh para penganut agama Buddha Mahayana sejak tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra

Candi Mendut

candi mendut
Candi Mendut merupakan sebuah candi berlatar belakang agama Buddha.Candi Mendut letaknya berada di desa Mendut,kecamatan Mungkid,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,beberapa kilometer dari candi Borobudur.

Candi Pawon

pawon
Candi Pawon merupakan sebuah nama candi.Candi ini lokasinya terletak di Desa Borobudur,Kecamatan Borobudur,Kabupaten Magelang.Candi Pyang cukup populer di Magelang ini dipugar tahun 1903.Nama Candi Pawon tidak dapat diketahui secara pasti asal-usulnya.J.G. de Casparis menafsirkan bahwa Pawon berasal dari bahasa Jawa Awu yang berarti abu, mendapat awalan pa dan akhiran an yang menunjukkan suatu tempat.

Candi Asu

asuNama Candi-candi di Magelang
Asu adalah nama sebuah candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi Pos,Kelurahan Sengi,kecamatan Dukun,Kabupaten Magelang,Provinsi Jawa Tengah.Nama candi tersebut merupakan nama baru yang diberikan oleh masyarakat sekitarnya. nama Asu disini berasal dari bahasa jawa yang jika diterjemahkan artinya anjing. Asal kata ini ada beberapa penjelasan,Asu berasal dari kata aso (Ngaso=bahasa jawa) yang diterjemahkan berisitirahat.Candi ini mungkin dulu digunakan untuk tempat ngaso atau beristirahat para pendeta.Penjelasan kedua di candi ini pernah ditemukan arca nandi(lembu wahana Dewa Syiwa) yang sudah aus dan penduduk sekitar mengira adalah arca asu(anjing).

Lokasi
Candi ini terletak di lereng Gunung Merapi di dekat pertemuan Sungai Pabelan dan Sungai Telingsing, kira-kira 10 km di sebelah timur laut dari Candi Ngawen.Di dekatnya juga terdapat 2 buah candi Hindu lainnya,yaitu Candi Pendem dan Candi Lumbung.

 
Candi Ngawen
Nama Candi-candi di Magelang

Candi Ngawen adalah candi Buddha yang berada kira-kira 5 km sebelum candi Mendut dari arah Yogyakarta ,yaitu di desa Ngawen,kecamatan Muntilan,Kabupaten Magelang.Menurut perkiraan,candi ini dibangun oleh wangsa Sailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.Menurut Soekmono keberadaan candi Ngawen ini kemungkinan besar adalah bangunan suci yang tersebut dalam prasasti Karang Tengah pada tahun 824 M, yaitu Venuvana (Sanskerta:'Hutan Bambu').

Candi gunung wukir
Nama Candi-candi di Magelang

Candi Gunung Wukir , Candi Canggal,atau Shiwalingga adalah candi Hindu yang berada di Dusun Canggal,Desa Kadiluwih,Kecamatan Salam,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.

Lokasi Candi ini berada di atas Bukit Wukir,yang oleh masyarakat sekitar disebut Gunung Wukir, di lereng barat Gunung Merapi .Lokasi ini berada di sebelah timur laut kota Muntilan.Candi Gunung Wukir dapat dicapai dengan angkutan umum ke arah Kecamatan Ngluwar hingga desa Kadiluwih,yang disambung dengan berjalan kaki ke atas bukit.
3 Komentar untuk "Nama Candi-candi di Magelang"
Back To Top