Hati-hati dengan jenis burung kicau yang memiliki kesamaan

Hati-hati saat memilih burung kicau di pasar. Membeli burung di pasar memang butuh ketelitian dan kejelian supaya apa yang kita beli itu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apalagi ketika membeli burung tangkapan hutan yang jumlahnya banyak dalam satu sangkar atau biasa disebut "Ombyokan".

Di pasar burung banyak sekali modus-modus penjualan yang menipu.Seperti contoh saja burung semiran atau kalau saya menyebutnya sebagai korban salon.Tentu pemain burung lama sudah mengerti tentang modus penipuan-penipuan yang terjadi di setiap pasar burung.Bahkan ada penjual yang lihai bersiul tidak kelihatan seolah-olah burung yang ditawarkan itu yang bunyi,padahal mulutnya sendiri.Biasanya burung yang dijual dimasukkan dalam besek.

Untuk mengantisipasi hal tersebut,jika Anda benar-benar ingin membeli burung kicau tapi Anda masih baru berkecimpung di dunia perburungan,sebaikknya Anda beli pada orang yang sudah Anda kenal terlebih dahulu atau mengajak teman yang sudah paham tentang burung,supaya tidak mudah terpedaya dengan rayuan palsu penjual.

Ada beberapa jenis burung yang mempunyai kesamaan warna,namun jika dilihat lebih jeli lagi,pasti ada perbedaan secara fisik,seperti ukuran,paruh dan karakter masing-masing.Supaya kita tidak tertipu dikemudian hari,silahkan simak jenis burung yang mempunyai kesamaan warna dibawah ini.

1.Cucak Rawa dan Cucak Mutiara
CUCAK RAWA Pycnonotus zeylanicus : straw-headed bulbul : barau-barau

cucak rawa
Burung mahal yang satu ini haruslah berhati hati kala mau membeli di pasar burung.Lihat saja gambar foto cucak rawa dengan kerabat cucak rawa dibawah ini,nyaris warnanya sama.
cucak rawa
img by omkicau.com

Berukuran besar ( 28 cm ), berkepala pucat dengan kumis hitam mencolok. Mahkota dan telinga jingga jerami, punggung cokelat zaitun dan bercoret putih. Sayap dan ekor cokelat kehijauan, dagu dan tenggorokan putih. Dada abu- abu bercoret putih, perut abu-abu, tungging kuning, Iris mata kemerahan, paruh hitam, kaki cokelat gelap.Harganya tidak ada ratusan ribu melainkan jutaan,nah jika Anda ditawari cucak rawa dengan harga ratusan ribu rupiah,Anda harus lebih teliti supaya tidak tertipu.


Cucak Mutiara
CUCAK MUTIARA Pycnonotus tympanistrigus : Spot- nacked Bulbul

cucak mutiara
Berukuran kecil ( 16 Cm ), tanpa jambul, berwarna coklat zaitun.Mahkota coklat zaitun gelap,tungging sayap dan ekor kehijauan; kekang dan tenggorokan keputih- putihan. Kulit di sekitar mata hitam, penutup telinga kuning. Tubuh bagian bawah berbintik coklat dan putih dengan garis-garis kuning zaitun pada penutup ekor bawah. Burung ini persis seperti Cucak Rawa dengan postur yang kecil.


2.Branjangan dengan Richard's pipit
-Burung branjangan,berwarna coklat seperti burung gereja,berparuh pendek ,berkuku pendek,paruh seperti finch dan yang membedakan lagi adalah berjambul.Burung kicau yang masih sekerabat dengan burung skylark ini ternyata ada yang menyerupai warna dan postur tubuhnya.Silahkan perhatikan foto burung branjangan di bawah ini.
branjangan


branjangan
Berjambul
- Richard's pipit adalah nama burung yang menyerupai branjangan dari segi warna bulunya.Tapi jika dilihat dengan lebih jeli,pasti ada perbedaan fisik dari kedua burung ini.Paruh dari Richard's pipit sendiri lebih panjang,layaknya burung pemakan serangga lainnya seperti burung cucak,kukunya panjang dan tidak berjambul seperti branjangan.Perhatikan gambar dibawah

burung branjangan
Mungkin burung itu terutama cucak rawa yang sering digunakan pedagang untuk mengelabuhi orang awam.Bagi Anda yang masih baru di dunia burung,alangkah lebih baikknya mengajak teman atau kerabat yang sudah mengerti tentang dunia burung agar terhindar dari kasus tipu.

Jangankan orang yang masih baru mengerti dunia burung,yang sudah lama saja juga ada yang pernah ketipu.Modus penipuannya banyak sekali,selain menipu dengan jenis burung yang berbeda dengan corak warna yang sama.Ada juga pedagang yang bisa bersiul seperti suara burung yang di dagangkannya dengan cara yang sedemikian rupa sehingga orang lain tidak tahu bahwa suara yang di dengar tadi adalah suara siulan sang pedagang.

Biasanya pedagang seperti ini suka memasukkan burung dagangannya ke dalam "besek".Modus yang lain seperti diberi warna atau "disemir",yang biasa dilakukan pada burung lovebird biar terlihat seperti blorok,dan burung jalak suren (sumatera) kepala putih kemudian di semir menjadi hitam supaya seperti kembarannya yaitu jalak uren (jawa) yang harganya lebih mahal.

Kemarin juga ada salah satu member di pasar burung online magelang yang update pengalaman pribadinya yaitu bahwa warna bulu burung yang baru beli berubah setelah dimandikan. Awalnya beli yang dia tahu adalah kacer jawa,tapi setelah dibawa pulang dan dimandikan,tiba-tiba saja warna bulunya luntur dan terlihat jenis burung aslinya yaitu sekoci.Yang lebih parahnya lagi,burung tersebut berjenis kelamin betina.



Tag : Dunia Burung
4 Komentar untuk "Hati-hati dengan jenis burung kicau yang memiliki kesamaan"
Back To Top