Jangan berlebihan memberikan ulat hongkong untuk burung

Jangan berlebihan memberi makan burung dengan ulat hongkong. Ulat hongkong atau ada juga yang menyebutnya ulat jepang,ulat jerman maupun ulat kandang adalah ulat yang diberikan sebagai makanan burung berkicau.Kalau di dunia kicau mania,biasa disebut sebagai EF atau Extra Fooding yang tujuannya untuk menambah stamina,supaya burung tersebut bisa berkicau dengan mantab.
efek ulat hongkong
img by google
Menurut banyak orang pecinta burung,pemberian UH (ulat hongkong) akan menambah volume suara kicau burung menjadi lantang. Selain itu juga bermanfaat untuk menambah stamina serta meningkatkan suhu tubuh pada burung. Ulat hongkong ataupun extra fooding lainnya disebut sebagi doping.Namun pemberian pakan ulat hongkong ini pengaruhnya cepat,bahkan ada yang bilang bahwa pemberian ulat hongkong ini dapat meningkatkan gairah/birahi secara instant. Efek yang diberikan antara 1 ekor ulat hongkong itu setara dengan 2 ekor jangkrik.

Pemberian ulat hongkong sebaikknya pilih ulat yang berwarna putih atau ulat yang sehabis ganti kulit,lalu hilangkan bagian kepalanya.Sebaiknya pemberian ulat hongkong janganlah terlalu berlebihan,karena efeknya tidak bagus untuk fisik burung di kemudian hari.Efek yang ditimbulkan jika terlalu sering atau terlalu banyak memberikan ulat hongkong,dapat mengakibatkan tubuh burung menjadi panas dan over birahi,sehingga lama kelamaan bulu-bulu pada burung akan rontok dengan cepat.

Selain itu juga dapat mengakibatkan kecacatan fisik pada burung,yaitu dapat mengakibatkan kebutaan.Saya sendiri sudah 2 kali mengalami akibat yang terjadi pada burung peliharaan saya.Memang burung akan terlihat prima dan gesit sekali dalam tingkah laku dan juga rajin bunyi.Tapi lama kelamaan matanya berair seperti menangis yang kemudian membengkak,dan bisa menyebabkan kematian.

Burung-burung lapangan atau burung yang digunakan untuk lomba biasanya akan diberikan EF yang berlebihan supaya burung dapat berkicau dengan maksimal dan burung-burung exs lapangan biasanya yang sudah pensiun dilombakan mengalami kebutaan.Jadi berilah dosis atau ukuran pemberian yang normal saja,jangan terlalu berlebihan supaya burung tetap sehat dan bisa dijodohkan dikemudian hari agar bisa berkembang biak.
Tag : Dunia Burung
11 Komentar untuk "Jangan berlebihan memberikan ulat hongkong untuk burung"

Wah nambah pengetahuan ane nih gan..
Saya biasanya kasih Ulat hongkong 5 biji ke Murai Medan saya nih. hehehe..
Maklum lahh... hehe Salam Kicau :D

ane juga sering kasih kroto, hongkong, jangkrik. ya udah itu saja makanan kesehariannya. hehehe
Btw, ente dirumah ada piaraan apa neh gan ?

Itu bner krna over UH apa krn pemberianya yg dalam posisi hidup. Burung gigit pas ekor UH. Terus kepala UH nyambar matok mata burung? Kena racun deh di mata. Gimana master?

sejauh ini penelitian hanya karena over UH,karena sifat UH itu panas,sama seperti jika memberikan over jangkrik

murai sy satu hari satu sendok ulat hongkong 10 ekor jangkrik selama setahun ini gk ada efek apa2. Yg hrs d perhatikan mandi burungnya. Bila anda memberi UH banyak mandikan burung dlm keramba 2x sehari. Tp kalo gk di kasih mandi sampa 1minggu bulunya akan rontok. Jd semuanya hrs seimbang

murai sy satu hari satu sendok ulat hongkong 10 ekor jangkrik selama setahun ini gk ada efek apa2. Yg hrs d perhatikan mandi burungnya. Bila anda memberi UH banyak mandikan burung dlm keramba 2x sehari. Tp kalo gk di kasih mandi sampa 1minggu bulunya akan rontok. Jd semuanya hrs seimbang

yups,,terima kasih atas tambahan saran,,sama-sama berbagi untuk pembelajaran

Pengganti ulat hongkong hidup sebagai extra fooding untuk burung. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandugan nutrisinya dan terbukti disukai burung

Klik link dibawah ini untuk info detailnya
Pengganti ulat hongkong hidup sebagai extra fooding untuk burung

Terima kasih Mas Rip, sudah mengijinkan saya untuk berkomentar 

Lah.. Saya malah tiap hari ngasih UH +jangkrik 1 cepuk penuh. Sampai detik ini murai saya fit dan sehat2 aja.

Kalau saya sih... apa yg makanan yg paling disuka burung saya kasih aja... jgnkan ulat hongkong, klo bs ngomong minta nasi goreng pasti saya kasih makan nasi goreng tuh.... asal mau kerja di gantangan...

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top