Alun-alun simbol kerukunan antar umat beragama di Magelang

Alun-Alun simbol kerukunan antar umat beragama di Magelang- Alun-alun menurut agama islam "alun-alun" berasal dari bahasa Arab al-lawn yang berarti warna, ragam atau corak. Kata ini diucapkan dua kali al-lawn al-lawn (alun-alun) yang maksudnya adalah bahwa tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya segala lapisan masyarakat, rakyat kecil, kaya maupun para pemimpin.

Jika menurut KBBI alun-alun adalah tanah yang lapang, yang luas di muka kraton atau dimuka tempat kediaman resmi. Sedangkan menurut sejarah dulu alun-alun di tulis aloen-aloen atau aloon-aloon yang artinya adalah suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan sebagai tempat kegiatan masyarakat yang beragam.

Di setiap daerah atau kabupaten pasti ada alun-alun. Sama halnya di Magelang, tapi di Magelang sendiri alun-alun nya mungkin berbeda dengan tempat yang lain. Karena alun-alun di Magelang dikelilingi oleh 4 tempat ibadah antar umat beragama yang sudah berdiri sejak jaman penjajahan belanda dulu.
magelang
img alun alun magelang oleh travelmatekamu
Mari simak bangunan- bangunan tempat ibadah yang mengelilingi alun- alun Magelang.

1. Masjid Agung Magelang.

magelang
img masjid agung magelang oleh wingnyo hery susanto

Awalnya hanya berupa langgar kecil (1650), lalu dibangun lebih besar pada 1810. Di masa penjajahan Belanda, bangunan yang terletak di sebelah barat alun-alun.

2.Gereja Protestan Indonesia bagian Barat GPIB).

magelang
gereja gpib magelang

Merupakan satu dari tujuh wilayah yang dibangun serentak di berbagai kota di Indonesia, pada 1817. Gereja yang dulunya bernama "De Protestantse Kerk in Westelijk Indonesie" ini terletak di sebelah utara alun-alun.


3. Klenteng Liong Hok Bio.

magelang


Perang Jawa (1825) pimpinan Pangeran Diponegoro turut melibatkan warga Tionghoa. Sebagai pejuang perang, mereka hidup berpindah- pindah.Magelang merupakan salah satu tempat persinggahan, sehingga dibangunlah kelenteng Buddha ajaran Tridharma (Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme). Kelenteng yang dibangun tahun 1864 ini terletak di sisi selatan alun-alun.Baca selanjutnya tentang sejarah Klenteng Liong hok bio

4. Gereja Santo Ignatius.

magelang

Terletak di sebelah barat GPIB, gereja Katolik ini dibangun tahun 1899.
Mau belajar agama, budaya ataupun sejarah, datanglah ke Magelang. Jangan lupa singgah di alun-alun untuk sekedar melepas lelah sambil bercanda ria. Magelang kota harapan.
9 Komentar untuk "Alun-alun simbol kerukunan antar umat beragama di Magelang"
Back To Top