Awas burung semiran (mutasi warna instant)

Awas burung semiran -Burung semiran atau ada yang menyebutnya sebagai burung korban salon .Ini adalah teknik curang pedagang burung untuk mengelabuhi pembeli, terutama pembeli yang masih awam/pemula di dunia kicau mania. Tidak hanya pemula saja, bahkan yang sudah paham tentang dunia burung juga pernah tertipu dengan tampilan warna burung hasil mutasi warna instant (disemir),seperti yang pernah saya baca di blog omkicau.com

Ada beberapa jenis burung yang sering digunakan untuk tipu menipu dengan cara pewarnaan bulu.Contohnya saja antara jalak suren ( sumatra) dengan jalak uren (jawa) yang hanya berbeda warna bulu di bagian kepala,sedangkan harganya jauh berbeda.Antara burung kacer jantan dan betina dengan warna hitam didada pada burung jantan,dan warna abu abu untuk yang betina dipoles dengan warna hitam sehingga seperti burung jantan,lalu pada burung love bird dengan warna biasa dipoles menjadi warna belang-belang/blorok dan sebagainya.

Jika pada artikel sebelumnya saya pernah update tentang Hati-hati dengan jenis burung yang mempunyai kemiripan ,pada update kali ini terinspirasi dari postingan kemarin di grup facebook tentang mutasi warna instant pada burung.

Banyak orang yang mencari harga yang murah,namun jika hasil yang didapatkan-nya tidak sesuai dengan apa yang dikatakan oleh pedagang,apa yang Anda pikirkan?,mau protes?. Mungkin Anda akan seperti itu, tapi setelah difikir-fikir tentu harga menjadi nomor yang kesekian kalinya terutama buat para penghoby,yang mereka inginkan hanyalah kwalitas dan kejujuran dari penjual.

Kembali lagi ke topik Burung Semiran,burung yang saya lihat di postingan facebook adalah seekor burung jalak yang aneh,yang belum pernah saya lihat sebelumnya.Setelah saya cermati betul-betul,ternyata burung hasil mutasi warna instant seekor burung jalak kebo/penyu/hitam.Berikut adalah gambar dari warna burung tersebut.
jalak putih palsu
Jalak penyu semiran

jalak penyu
Burung jalak penyu/kebo asli
Sekilas memang terlihat seperti jalak putih dengan warna hitam dan putih.Jika sebelumnya Anda belum pernah melihat seperti apakah wujud jalak putih itu,pasti Anda akan percaya saja bahwa itu adalah burung jalak putih.Sebagai pengetahuan saja bahwa jalak putih itu memiliki topeng atau berwarna kuning dibagian mata untuk yang dewasa.

Berikut adalah gambar burung jalak putih palsu atau hasil mutasi warna instant (semiran),dengan burung jalak putih yang asli.

1.Burung Jalak putih palsu
Semakin lama akan terlihat aslinya jika tumbuh bulu baru seperti yang saya beri tanda dibawah,tapi tetap dibagian matanya tidak seperti jalak putih
2.Jalak Putih Asli
Memiliki warna kuning di bagian matanya yang terlihat seperti memakai kacamata.

Sangat terlihat sekali bukan perbedaan antara yang asli dengan yang abal-abalan atau palsu.Semoga artikel tentang Awas Burung Semiran diatas dapat bermanfaat,dan semoga Anda bukanlah korban penipuan burung korban salon berikutnya,waspadalah.
Tag : Dunia Burung
13 Komentar untuk "Awas burung semiran (mutasi warna instant)"

Nice gan...(y) gak jauh beda juga ternyata, kasihan jiga yg udah beli tapi ternyata hasil semiran

Have a great weekend my friend
http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/

bagi penggemar burung artikelnya bisa buat referensi agar tidak ketipu...thx sob

Wah imitasinya juga ada ya, dengan pengetahuan yang dibagi ini saya jadi paham sekarang, makasih. ^.^

Greetings with a heavy storm from Belgium my friend
http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/

kalo jalak nias di semir hampir mirip juga tuh. . .

Oooooo kena tipu dech, sialan

Aku juga tyang magelang mas.. salam kicau..

Maturnuwun

Aku juga tyang magelang mas.. salam kicau..

Maturnuwun

wah trimakasih banyak imponya, skarang jadi tau tuh

Hampir ketipu... curiga di matanya ngak ada kelopak kuning, dan bola matanya ada lingkar putih, artikel yg bermanfaat

ketipu deh aku

ketipu deh aku

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top