Klenteng hok an kiong Magelang

Klenteng Hok An Kiong Muntilan. Terletak di Jl. Pemuda No.100 Muntilan. Nama Hok An Kiong merupakan gabungan dari kata Hok, An, dan Kiong, yang mempunyai arti Hok :Rejeki, An : Selamat, Kiong : Istana.
klenteng hok an kiong
Klenteng Hok An Kiong pertama kali didirikan pada tahun 1878 dengan lokasi di sisi selatan Jalan Pemuda /bersebelahan dengan Pasar Muntilan yang ada sekarang ini. Pada tahun 1906 bangunan klenteng dipindahkan ke sisi utara Jalan Pemuda atau di lokasi sekarang ini.

Pada tahun 1929 bentuk bangunannya disempurnakan, ditandai dengan prasasti di tiang pintu pagar bertuliskan ANNO 11-5- 1929. Berdasarkan keterangan dari pengurus harian klenteng Hok An Kiong penyempurnaan ini terutama pada tembok bangunan utama dan pembuatan pagar klenteng.

Klenteng yang terletak di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini memiliki koleksi hiolo terbesar se-Asia Tenggara, dan terbesar nomor dua di dunia.Hiolo atau tempat dupa ini menjadi salah satu peralatan sembahyang yang memiliki panjang 158 cm, dan diameter 188 cm. Di atas hiolo ini,biasanya umat menancapkan dupa dan bersembahyang kepada para dewa.
sumber @Muuntilan Magelang on fb
0 Komentar untuk "Klenteng hok an kiong Magelang"
Back To Top