burung tekukur "mendem" kacang hijau

Burung derkuku mendem karena kacang hijau. Pengalaman baru yang kurang baik bagi saya dalam memelihara burung derkuku atau tekukur. Untuk pertama kalinya saya mencoba memelihara burung tekukur dari umur masih menyuapi.

burung tekukur

Dari pertama saya adopsi burung ini biasanya saya beri makan nasi atau beras yang dicampur air. Kemudian saya mencoba memberinya makanan lain dengan tujuan agar asupan gizinya terpenuhi yaitu dengan memberinya kacang hijau.

Entah kacang hijaunya yang mengandung racun atau saya yang salah meramu. Dalam tahap pemberian pakan kacang hijau ini memang burung tekukur yang saya pelihara sudah bisa makan sendiri.Karena kacang hijau itu agak keras bagi burung yang baru belajar makan sendiri maka sebelum saya berikan,terlebih dahulu saya rendam satu hari dengan tujuan supaya menjadi lebih lunak.

Setelah seharian kacang hijau direndam ,lalu saya cuci bersih dan kemudian saya perkecil ukurannya dengan memecah-mecah biji kacang hijau rendaman tersebut. Awal mulanya saya berikan ke burung, memang saya merasa senang karena burung tersebut memakannya dengan sangat lahab sekali. Mungkin merasa bahwa rasanya enak karena setiap hari hanya makan nasi atau beras saja.

Di hari ini tepatnya hari kedua pemberian pakan kacang hijau,burung-burung tekukur saya mulai terlihat tidak bertenaga,tidak gesit bergerak seperti biasanya.Saya perhatikan dari pagi sampai tengah hari burung tersebut hanya duduk saja.

Karena penasaran lalu saya ambil burung tersebut dan coba untuk menerbang-nerbangkan nya.Namun yang terjadi,burung tersebut tidak mampu mengepakkan sayapnya dengan sempurna,saya bingung kenapa jadi seperti ini.Kemudian saya letakkan di lantai,eh dia juga tidak bisa berjalan.Seperti ini,

Saya tidak tahu kenapa jadi fatal seperti ini,apakah kacang hijau yang direndam tanpa di rebus itu dapat memabukkan atau bahkan meracuni binatang,atau kacang hijaunya sendiri yang saya beli dipasar itu mengandung obat-obatan.Yang jelas ini adalah pengalaman memelihara burung yang salah memberi makan untuk pertama kalinya bagi saya.

Saat ini burung tekukur milik saya sedang berjuang antara hidup dan mati,sudah lebih dari 12 jam tapi tidak ada perubahan membaik,tapi masih mau makan beras dan minum air.Hanya saja belum mampu berjalan dan juga belum mampu untuk terbang seperti orang yang sedang "mabuk" yaitu sempoyongan.Semoga lekas sembuh,pembelajaran untuk lebih berhati-hati.

Tag : Dunia Burung
0 Komentar untuk "burung tekukur "mendem" kacang hijau"
Back To Top