Jenis Burung Terkecil di Dunia

Burung terkecil di dunia - Tuhan itu maha besar dengan segala ciptaan-nya seluruh isi langit dan bumi.Dari makhluk hidup yang paling besar hingga yang terkecil sekalipun ada. Begitu juga dengan burung,ada beraneka ragam warna,suara ,bentuk dan ukuran yang berbeda.

Burung terkecil di dunia atau istilah kerennya itu The smallest bird in the world.Burung terkecil di dunia adalah burung dari jenis hummingbird atau kalau di Indonesia disebut burung kolibri. Nama burungnya adalah Bee Hummingbird yang berukuran hanya 5-6 cm saja.
Bee hummingbird (burung tetkecil di dunia)

Hummingbird atau kolibri paling banyak speciesnya berada di benua Amerika.Bentuk burung ini mungil berparuh panjang dan memiliki warna bulu yang indah berkilau.Paling sering kita lihat adalah gerakan yang sangat gesit dan suka hovering ketika sedang menghisap madu.Kepakan sayapnya sangat cepat,yakni setiap satu detik bisa mencapai 12-80 kepakan menurut peneliti yang bernama Christopher Clark.

Itulah jenis burung terkecil di dunia,sekarang saya tambah beberapa species burung terkecil diantara spesies yang se family dengannya.
1.Bar brested piculet

burung terkecil di dunia
Burung pelatuk terkecil di dunia
Adalah nama species burung terkecil dari keluarga Picidae atau burung pelatuk.Dengan ukuran yang hanya 7 cm,burung ini menjadi burung pelatuk terkecil di dunia.

2.Red breasted pygmy parrots

burung terkecil di dunia
Burung paruh bengkok terkecil di dunia
Pygmy Parrot (micropsitta) Adalah nama genus burung terkecil dari burung jenis Paruh Bengkok (parrot). Jenis Pygmy parrot sendiri ada 6 species yaitu;
    1. Nurikate topi kuning / yellow-capped pygmy parrot (Micropsitta keiensis): Wilayah persebaran Papua dan Maluku.
    2. Nurikate dada merah / red-breasted pygmy parrot (Micropsitta bruijnii): Wilayah persebaran Papua dan Maluku.
    3. Nurikate geelvink / geelvink pygmy parrot ( Micropsitta geelvinkiana): Wilayah persebaran hanya di Papua.
    4. Nurikate pusio / buff-faced pygmy parrot (Micropsitta pusio): Wilayah persebaran hanya di Papua.
    5. Meek's pygmy parrot (Micropsitta meeki ): Burung endemik di Pulau Manus, Kepulauan Admiralty, yang termasuk dalam Gugus Kepulauan Bismarck, Papua Nugini.
    6. Finsch's pygmy parrot (Micropsitta finschii): Burung endemik di Kepulauan Solomon, yang terletak di sebelah timur Papua Nugini.

Burung pygmy parrot memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari burung serindit, yaitu antara 8-10cm saja,dan yang paling kecil adalah Red breasted pygmy parrot dengan ukuran hanya 8cm.

3.Tamaulipas Pygmy Owl

burung terkecil di dunia
Burung hantu terkecil di dunia
Adalah nama species burung dari jenis OWL atau burung hantu yang memiliki ukuran tubuh terkecil,yaitu 13,5cm.Habitat asli burung ini ada di meksiko.




Back To Top