Burung Tuwu,Si Burung Misteri Nan Mahal

Burung tuwu atau ada juga yang menyebutnya Burung ulik atau nama globalnya adalah burung asian koel (Eudynamys scolopaceus), adalah burung dari jenis cuckoo yang termasuk dalam keluarga Cuculidae. Burung tuwu dikenal juga sebagai burung parasit, namun ia tidak seperti burung kedasih atau cuckoo yang menitipkan telurnya di sarang burung kecil, Burung tuwu lebih cenderung memanfaatkan sarang burung gagak untuk tempat penitipan telur mereka. Keberadaan mereka bisa ditemukan di Asia Selatan, China,dan Asia Tenggara.

burung tuwu mempesona
                                            Burung tuwu jantan img by Denny Hendrawan


Makanan utama burung tuwu adalah buah-buahan, namun selain itu mereka juga kerap memangsa serangga-serangga baik yang berukuran besar ataupun kecil, termasuk juga memangsa hewan-hewan kecil lainnya. Perbedaan jenis kelamin antara jantan dan betina juga sangat mencolok, yaitu jika warna hitam itu yang jantan, sedangkan betina berwarna khas burung cuckoo yaitu blorok seperti burung kedasih
                                                     Burung tuwu jantan dan betina

Bagi sebagian masyarakat terutama di daerah pedesaan atau orang tua, Burung tuwu ini dianggap sebagai burung misteri karena kehadiran burung ini hanya diwaktu-waktu tertentu dan hanya terdengar suaranya di subuh hari dengan suara yang berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lain dengan cepat. Kehadiran burung ini juga sering dikaitkan dengan mitos lama,yaitu bakal terjadi peristiwa buruk di desa tersebut. Biasanya dikaitkan dengan akan adanya orang yang meninggal,hampir senasib dengan burung gagak.

Jumlah populasi burung tuwu semakin berkurang setiap tahunnya, ditambah kesulitan mereka dalam mencari sarang burung gagak yang juga semakin hilang untuk meneruskan generasi mereka, membuat burung ini semakin sulit ditemukan.Meski tidak termasuk burung dilindungi, namun burung tuwu ternyata banyak dicari oleh para kolektor burung. Silahkan kalau mau dengar suara burung tuwu Download suara burung tuwu

Burung tuwu atau burung ulik yang penuh misteri ini sekarang harganya cukup tinggi.Hanya kolektor burung kelas menengah ke atas yang berani dengan harga saat ini. Di beberapa situs tentang dunia burung menyebutkan bahwa harga burung tuwu sudah ada yang mencapai harga Rp18juta.
Beberapa waktu lalu di Magelang juga ada yang menjual burung jenis ini,burungnya yang foto pertama diatas dengan harga yang cukup fantastis yaitu Rp7 juta untuk yang jantan dan Rp3 juta untuk yang betina.

Mengingat burung ini adalah burung parasit yang tak pernah mengerami telurnya dan membesarkan anaknya sendiri,dan burung yang biasa dititipi telurnya juga semakin langka,maka populasi burung ini akan semakin langka pula. Sulitnya berkembang biak membuat kolektor burung mengincarnya sebagai burung investasi masa depan karena dipastikan nilai jual burung ini akan semakin tinggi,dan semoga ada cara untuk mengembang biakkan burung ini agar tidak punah karena perburuan yang tidak terkontrol.
Back To Top