Cara meloloh anak burung tekukur/derkuku

Cara meloloh anak burung tekukur atau derkuku. Meloloh adalah proses pemberian makanan untuk burung kecil atau istilah lainnya disuapi.Yang dalam bahasa kerennya di dunia burung adalah handfeeding.

cara meloloh burung tekukur

Memberi makan anak burung tekukur tergolong sangat mudah dan semua pasti bisa melakukannya.Burung ini berukuran agak besar sehingga tidak repot dalam penanganannya dan hanya makan biji -bijian saja.Meskipun mudah dalam pemberian makan nya, tapi burung ini juga mudah terserang penyakit jika salah dalam penanganannya. Adapun cara untuk meloloh burung tekukur adalah sebagai berikut.

1.Siapkan perlengkapan alat
Berupa :selembar kain (terserah kain apa saja,kain mori juga boleh asalkan bersih) ,karet gelang dan gunting,bisa juga cutter lain.

cara memberi makan tekukur

2.Siapkan bahan makanannya.
Disini saya memberinya makanan alami berupa biji kacang hijau yang sudah di hancurkan,biji wijen ,beras putih dan air.

3.Letakkan ketiga bahan makanan tersebut tepat di tengah- tengah kain yang sudah kita siapkan seperti gambar dibawah.

cara meloloh tekukur

4.Lipat kain tadi lalu ikat dengan karet agar biji bijian tadi tidak bisa keluar seperti ini.

cara memberi makan anak burung

5.Lubangi bagian tengah kain campuran makanan tersebut dengan gunting hingga jadinya seperti ini.

cara memberi makan burung

6.Langsung deh dekatkan dengan burung,terasa seperti diloloh induknya.Berikut penampakan burung tekukur peliharaan saya yang aktif ketika makan dan susah sekali diambil gambarnya,apalagi kamera hp kecengan seperti ini.

cara memberi makan tekukur
cara memberi makan tekukur
cara memberi makan tekukur

Mudah kan?,cara memberi makan anak burung tekukur atau derkuku. Jadi buat yang menemukan anak burung tekukur ini secara tidak sengaja,kalian bisa lakukan seperti itu. Oh iya,burung saya tidak berada di dalam sangkar,saya biarkan terbang dan jalan jalan di dalam ruangan,meskipun resikonya harus bersihkan setiap hari,tapi tidak apa-apa karena burung akan berkeliaran ketika dia lapar saja,dan juga mungkin karena bosan nangring di tangkringan yang itu-itu melulu.

Tag : Dunia Burung
4 Komentar untuk "Cara meloloh anak burung tekukur/derkuku"
Back To Top