Burung hud hud (hoopoe)

Burung hudhud atau dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai burung Hoopoe .Si burung cantik dengan jambulnya yang unik ini tentu sudah bukan nama yang asing lagi terutama buat orang yang beragama islam,karena nama burung ini ada di dalam kitab suci Al-Qur’an Surah Al-Naml 27:20–22 yang menceritakan tentang kisah nabi sulaiman dan ratu balqis. Dalam literatur perburungan internasional, burung hud-hud disebut sebagai noble hoopoe atau eurasian hoopoe (Upupa epops) . Burung ini mempunyai keunikan dan keistimewaan terutama dalam mempertahankan dirinya dari serangan musuh atau binatang predator.

Burung hud hud (hoopoe)
hoopoe bird photography by andres

Ketika merasa terancam, burung ini akan menyemprotkan kotorannya ke mata binatang yang mencoba menyerangnya. Inilah uniknya, si hud-hud akan membalikkan tubuhnya dan mengarahkan pantatnya ke hadapan musuhnya. Jika strategi ini  tidak berhasil, atau tidak mengenai sasaran, maka hud-hud akan menyelimuit tubuhnya dengan bau yang sangat busuk. Rupanya burung ini memiliki kelenjar khusus di dekat kloaka, yang bisa menghasilkan zat yang berbau sangat busuk.

Ketika terancam, dia akan menggosokan zat tersebut ke bulu -bulunya, kemudian menutupi seluruh tubuhnya dengan bau tersebut. Kalau bisa diibaratkan, baunya sama seperti daging yang sudah busuk. Kelenjar yang berbau busuk itu bukan hanya berfungsi sebagai alat pertahanan diri, tetapi juga mampu menolak parasit, sebagai anti-bakteri, dan melindungi burung dari berbagai penyakit.

Berdasarkan beberapa sumber dan wikipedia bahasa indonesia,burung ini juga pernah singgah di indonesia, namun merupakan burung pengembara yang langka di Sumatera dan Kalimantan bagian utara. Aktif di lahan terbuka dan lembab, mencari makan dengan menusuk-nusukan paruh yang panjang ke permukaan tanah. Jambul menegak bila merasa ada bahaya dan bila akan hinggap.
0 Komentar untuk "Burung hud hud (hoopoe)"
Back To Top