Burung Terkecil di Pulau Jawa

Burung terkecil di pulau jawa. Sebelum ini pernah saya menulis tentang Burung terkecil di dunia ,maka kali ini juga hampir sama tapi berbeda. Di pulau Jawa ada banyak sekali jenis burung-burung endemik, walaupun sebagian besar hanya tinggal sejarahnya saja yang saat ini susah untuk ditemui.
burung terkecil di pulau jawa
Burung terkecil di pulau jawa

Burung terkecil di pulau jawa adalah Cerecet Jawa atau nama latinnya Psaltria exilis yang mempunyai ukuran hampir sama dengan burung hummingbird (burung terkecil didunia) yaitu panjang 5cm jika diukur sampai tunggir. Jika diukur sampai bulu ekornya, panjangnya sekitar 8cm.

Burung cerecet jawa atau yang juga dikenal sebagai burung pygmy tit atau pygmy bushtit dalam literatur dunia perburungan international merupakan jenis burung satu-satunya di Indonesia dari anggota burung keluarga Aegithalidae, serta satu-satunya species dari genus Psaltria Temmiah di dunia.

Burung terkecil di pulau jawa ini merupakan burung pemakan serangga kecil.Wilayah persebarannya berada di daerah pegunungan di Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan ketinggian lebih dari 1.000m DPL. Burung cerecet jawa ini tidak termasuk dalam daftar jenis burung yang dilindungi di Indonesia.

Meskipun tidak termasuk dalam daftar burung yang dilindungi, semoga saja tidak punah dikemudian hari karena perburuan liar. Mengingat species burung ini hanya berada di pulau jawa dan tidak ada di negara lain.
Back To Top