Burung tesia jawa,si mungil endemik jawa

Tesia jawa (Tesia superciliaris) adalah spesies burung dari keluarga Cettiidae. Burung ini adalah binatang endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa. Tesia jawa adalah jenis burung Tesia berbadan kecil dengan kaki panjang nyaris terlihat seperti tanpa ekor.

Burung tesia jawa

Makanan burung Tesia Jawa adalah serangga kecil, tempayak, cacing, siput. Burung ini mempunyai habitat di daerah pegunungan, tersebar pada ketinggian 1.000-3.000 m dpl.

Ciri-ciri tubuhnya berukuran sangat kecil (7 cm), warna abu-abu kehijauan, ekor sangat pendek, alis mata abu-abu pucat menonjol, memanjang sampai belakang, kepala kehitaman, tubuh bagian atas zaitun keabu-abuan, tubuh bagian.bawah abu-abu keputihan, iris coklat, paruh atas coklat, paruh bawah kuning, kaki coklat. Hidup di atas dan dekat lantai hutan,dalam semak rimbun atau tumbuhan bawah terbuka. Melompat-lompat dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain.

Sarang berbentuk kantung bulat, dari akar, lumut, serat halus, pada semak rapat dekat permukaan tanah. Telur berwarna kemerah-jambuan berbintik merah, jumlah 2 butir, berbiak bulan April-Juni,Oktober-Desember.

Penyebaran Jawa Barat, Jawa Tengah.Di kawasan lereng selatan Taman Nasional Gunung Merapi, Tesia jawa ( Tesia superciliaris) sering dijumpai di sekitar semak yang yang rapat dan tidak terkena sinar matahari pagi dan siang.Bagi yang ingin mendengarkan suara burung tesia jawa silahkan download dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Back To Top