Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Kenapa hp android memory internalnya cepat penuh. Mungkin ada banyak orang yang selalu bertanya seperti itu. Jika kita pelajari lebih jauh lagi tentang masalah seperti itu,semua bergantung pada spesifikasi hp android yang kita pakai. Hal yang paling dasar adalah kapasitas penyimpanan internal memory dan juga RAM nya.
internal memory android cepat penuh

Performa semua perangkat elektronik seperti hp dan laptop bergantung pada kapasitas penyimpanannya.Baca juga Cara mengoptimalkan kinerja hp android Handphone dengan ruang kapasitas penyimpanan internal dan RAM yang lebih besar akan lebih memanjakan penggunanya dibanding dengan yang kapasitas penyimpanannya kecil.

Bagi pengguna gadget android dengan kapasitas internal memory yang kecil pasti akan lebih sering mengalami masalah Low Memory,mengingat seringnya penggunaan dalam bermain aplikasi. Kenapa hal ini bisa sampai terjadi?,padahal jarang sekali atau bahkan sudah tidak menambah aplikasi baru, tapi tiba-tiba muncul notifikasi Low Memory atau memory penuh.

Berikut akan saya uraikan masalah tersebut, bagi pengguna gadget android dengan internal memory nya yang kecil semoga bisa membantu.

Hp android adalah perangkat yang tidak lepas dari yang namanya aplikasi. Entah itu aplikasi chat maupun permainan. Dalam setiap aplikasi pasti mempunyai data yang meliputi data settingan, file-file yang tersimpan dalam aplikasi, cache, database dan lain-lain.

Aplikasi baru yang kita install itu bisa diibaratkan seperti papan tulis yang masih kosong tanpa tulisan sama sekali. Sedangkan penggunanya itu diibaratkan sebagai kapur tulisnya. Membuka akun,menyeting aplikasi, menyimpan data itu ibaratkan tulisan dalam papan tulis tadi. Jika setiap hari kita menulis,maka semakin lama papan tulis tersebut akan banyak tulisan,yang semakin lama semakin penuh, sementara luasnya papan tulis tersebut terbatas, sehingga ruang untuk menulisnya juga semakin sempit jika tidak pernah kita hapus.

Paham apa yang saya maksud diatas?, begini jika kurang paham saya contohkan misalnya. Anda menginstall sebuah aplikasi baru, sebut saja Wechat sebagai contoh dengan besar aplikasi dari kita download di google play sebesar 10MB misalnya. Kemudian Anda buka aplikasi tersebut yang di dalamnya masih default tidak ada akun dan belum kita rubah apa-apa. Kemudian Anda rubah sedemikian rupa seperti membuka akun,add teman, mebambah icon smiley dan lain-lain maka secara otomatis semua itu masuk kedalam data aplikasi yang tersimpan dalam internal memory,sehingga semakin lama semakin besar jumlahnya.

Jika tidak percaya silahkan anda periksa sendiri dari berapa besar aplikasi yang anda download tadi kemudian setelah sebulan atau hitungan hari saja coba anda periksa di manage aplikasi pada menu setting. Pasti sudah membesar dan akan terus bertambah mengikuti seringnya kita menggunakan aplikasi tersebut dan lama kelamaan akan muncul pemberitahuan bahwa memory anda penuh dan memerintahkan untuk menghapus sebagian aplikasi yang terinstall.

Sampai disini biasanya langkah yang sering banyak dilakukan oleh pengguna adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Jika masih saja muncul biasanya akan melakukan jalan kilat yaitu reset hp ke default. Tidak ada yang salah memang, tapi apa tidak lebih ribet lagi jika harus download dan install aplikasi lagi,apalagi aplikasi favorit anda tidak ada cadangan atau sudah di backup terlebih dahulu.

Ada satu cara yang lebih efektif tanpa harus melakukan hard reset, meskipun pada dasarnya juga sama-sama mengembalikan aplikasi menjadi seperti baru lagi. Namun point pentingnya adalah, kita lebih menghemat waktu dan mungkin juga biaya jika harus membuka internet untuk mendownload dan install ulang aplikasi lagi.

Caranya hanya berada pada menu setting, yaitu buka menu setting lalu pilih Aplications (aplikasi),kemudian pilih Manage Aplications. Sampai disini Anda bisa melihat jumlah dan bssarnya aplikasi yang anda install di perangkat android anda. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin Anda hapus datanya. Jika sudah maka tampilannya akan seperti ini.

Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Ada tulisan force stop, uninstall,clear data, move to SD card jika aplikasinya terinstall dalam internal memory dan move to phone jika aplikasinya terinstall pada SD card. Kemudian anda pilih saja clear data lalu klik OK.

Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Ingat konsekuensinya adalah aplikasi Anda akan menjadi seperti aplikasi baru lagi, jadi semua data seperti akun anda,settingan yang Anda buat sebelumny akan hilang. Yang pasti cara ini lebih simple dibandingkan harus mereset atau mengembalikan hp ke pengaturan awal.Semoga membantu.
Tag : Tips Android
55 Komentar untuk "Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya"
Back To Top