Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Kenapa hp android memory internalnya cepat penuh. Mungkin ada banyak orang yang selalu bertanya seperti itu. Jika kita pelajari lebih jauh lagi tentang masalah seperti itu,semua bergantung pada spesifikasi hp android yang kita pakai. Hal yang paling dasar adalah kapasitas penyimpanan internal memory dan juga RAM nya.
internal memory android cepat penuh

Performa semua perangkat elektronik seperti hp dan laptop bergantung pada kapasitas penyimpanannya.Baca juga Cara mengoptimalkan kinerja hp android Handphone dengan ruang kapasitas penyimpanan internal dan RAM yang lebih besar akan lebih memanjakan penggunanya dibanding dengan yang kapasitas penyimpanannya kecil.

Bagi pengguna gadget android dengan kapasitas internal memory yang kecil pasti akan lebih sering mengalami masalah Low Memory,mengingat seringnya penggunaan dalam bermain aplikasi. Kenapa hal ini bisa sampai terjadi?,padahal jarang sekali atau bahkan sudah tidak menambah aplikasi baru, tapi tiba-tiba muncul notifikasi Low Memory atau memory penuh.

Berikut akan saya uraikan masalah tersebut, bagi pengguna gadget android dengan internal memory nya yang kecil semoga bisa membantu.

Hp android adalah perangkat yang tidak lepas dari yang namanya aplikasi. Entah itu aplikasi chat maupun permainan. Dalam setiap aplikasi pasti mempunyai data yang meliputi data settingan, file-file yang tersimpan dalam aplikasi, cache, database dan lain-lain.

Aplikasi baru yang kita install itu bisa diibaratkan seperti papan tulis yang masih kosong tanpa tulisan sama sekali. Sedangkan penggunanya itu diibaratkan sebagai kapur tulisnya. Membuka akun,menyeting aplikasi, menyimpan data itu ibaratkan tulisan dalam papan tulis tadi. Jika setiap hari kita menulis,maka semakin lama papan tulis tersebut akan banyak tulisan,yang semakin lama semakin penuh, sementara luasnya papan tulis tersebut terbatas, sehingga ruang untuk menulisnya juga semakin sempit jika tidak pernah kita hapus.

Paham apa yang saya maksud diatas?, begini jika kurang paham saya contohkan misalnya. Anda menginstall sebuah aplikasi baru, sebut saja Wechat sebagai contoh dengan besar aplikasi dari kita download di google play sebesar 10MB misalnya. Kemudian Anda buka aplikasi tersebut yang di dalamnya masih default tidak ada akun dan belum kita rubah apa-apa. Kemudian Anda rubah sedemikian rupa seperti membuka akun,add teman, mebambah icon smiley dan lain-lain maka secara otomatis semua itu masuk kedalam data aplikasi yang tersimpan dalam internal memory,sehingga semakin lama semakin besar jumlahnya.

Jika tidak percaya silahkan anda periksa sendiri dari berapa besar aplikasi yang anda download tadi kemudian setelah sebulan atau hitungan hari saja coba anda periksa di manage aplikasi pada menu setting. Pasti sudah membesar dan akan terus bertambah mengikuti seringnya kita menggunakan aplikasi tersebut dan lama kelamaan akan muncul pemberitahuan bahwa memory anda penuh dan memerintahkan untuk menghapus sebagian aplikasi yang terinstall.

Sampai disini biasanya langkah yang sering banyak dilakukan oleh pengguna adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Jika masih saja muncul biasanya akan melakukan jalan kilat yaitu reset hp ke default. Tidak ada yang salah memang, tapi apa tidak lebih ribet lagi jika harus download dan install aplikasi lagi,apalagi aplikasi favorit anda tidak ada cadangan atau sudah di backup terlebih dahulu.

Ada satu cara yang lebih efektif tanpa harus melakukan hard reset, meskipun pada dasarnya juga sama-sama mengembalikan aplikasi menjadi seperti baru lagi. Namun point pentingnya adalah, kita lebih menghemat waktu dan mungkin juga biaya jika harus membuka internet untuk mendownload dan install ulang aplikasi lagi.

Caranya hanya berada pada menu setting, yaitu buka menu setting lalu pilih Aplications (aplikasi),kemudian pilih Manage Aplications. Sampai disini Anda bisa melihat jumlah dan bssarnya aplikasi yang anda install di perangkat android anda. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin Anda hapus datanya. Jika sudah maka tampilannya akan seperti ini.

Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Ada tulisan force stop, uninstall,clear data, move to SD card jika aplikasinya terinstall dalam internal memory dan move to phone jika aplikasinya terinstall pada SD card. Kemudian anda pilih saja clear data lalu klik OK.

Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya

Ingat konsekuensinya adalah aplikasi Anda akan menjadi seperti aplikasi baru lagi, jadi semua data seperti akun anda,settingan yang Anda buat sebelumny akan hilang. Yang pasti cara ini lebih simple dibandingkan harus mereset atau mengembalikan hp ke pengaturan awal.Semoga membantu.
Tag : Tips Android
55 Komentar untuk "Kenapa memory internal hp android cepat penuh? Ini jawabannya"

jadi itu ya mas yang membuat memory cepet penuh, jadi tau nih saya mas. meski belum punya android setidaknya sudah sedikit paham tentang permasalahannya, jadi nanti kalau sudah punya tidak kaget lagi :D

Android saya Samsung Galaxy Youn ST-6310 memang ada internal memorynya Mungkin karena sering jeprat jepret dengan fitur kamera sehingga penuh sesak di memorinya.

AKhirnya bingung juga soalnya foto foto nya bagus dan penting. Jadi sebelum saya delet, saya pindahkan dengan kabel data semua foto foto yang diambil pake fitur "camera" nya. Baru deh di inetrnal memorinya di kosongkan setelah semua data foto fotonya berhasil dipindahkan.

Selain itu application yang tidak saya pake seperti LINE, tidak saya install atau aplikasi lain yang sudah install namun jarang dipake saya hapus saja. Biar ringan dan sisa banyak kapasitas internal memorinya

Betul banget samsung young sy, cuma keisi BBM udah keok mas :)

kalau penyimpanan foto hasil jepret kan bisa disetting otomatis di menu kamera ,diuber terus soalnya sya tidak hafal kang,hh,nanti ada pilihan mau disimpan kemana

saya malah gk pernah install bebeem mas,hehe

Selalu hanya bisa menyimak bila melihat postingan tentang androit mas, maklum hari gini belum punya juga :D

hehee,,iya kang,tengkyu sudah mampir

Mas2 semua , saya mau tanya , android say kok memori internalnya udh gak bisa buat nyimpen download an lg . padahal cuman ada aplikasi bbm n playstore . itu penyebabnya apa ya ??
Makasi mas2 semuanya . masih newbie

memory internal di gadget android saya terbaca 16 GB total, tetapi baru di instal beberapa aplikasi standar (bbm, fb) sudah terbaca memori kepakai 15GB. masalahnya dimana ya mas? kalau di baca di PC memori internal hanya 2GB, yg benar yg mana ya kapasiasnya

boleh tahu merk dan tipenya?,masih bbaru atau lama?,kalau masih baru coba di bawa ke tempat kamu beli,

biasanya ada di setting,coba ganti settingannya dari penyimpanan internal ke eksternal

Hallo Gan.
Kenapa HP Android saya Di info penyimpanan Memori Terpakai 4GB untuk Video dan Gambar.??
Udah di hapus semua juga tetap.
SONY XPERIA L (RAM 1 GB + INTERNAL TOTAL 6 GB) yg 2 GB,untuk Aplikasi.
Gimna solusinya selain di Reset Gan..
Saya gk mau kontak2 dan Grup2 saya Di BBM DAN WHATSAPP hilang Gan..
Tq

kalau untuk video dan gambar biasanya karena setting di kameranya mas,buka aplikasi kameranya lalu cari setting dan ubah penyimpanan ke SD Card,kemudian di menu setting nya cari juga penyimpanan,biasanya hp setting default ke internal memory seperti receive file pada pengaturan bluetooth

Kalau mau menyimpan foto foto dan video yang banyaknya minta ampun yang aman dimana adakah aplikasi khusus atau cukup disimpan di memory card?

Kalau mau menyimpan foto foto dan video yang banyaknya minta ampun yang aman dimana adakah aplikasi khusus atau cukup disimpan di memory card?

memory card saja sudah cukup,tapi kalau masalah keamanan,kita tidak bisa menjamin karena yang namanya elektronik itu bisa saja error dan bahkan rusak,bisa memanfaatkan aplikasi file cloud storage seperti google drive,dropbox dll,keamanan juga tidak menjamin 100% tapi setidaknya buat cadangan jika file di hp/mmc terhapus selagi masih ada di penyimpanan online kita masih bisa mengembalikannya lagi dengan cara synkronisasikan ke hp

saya ingin menanyakan tentang memori internal pada lenovo a316i.sesuai penjelasan yang ada pada box,memori internal mencapai 4GB.sedangkan saat ini saya sdh menggunakan total 2.2 GB pada internal dan hanya tersisa 250 MB saja.mohon penjelasannya.... :-)

terima kasih atas kunjungannya,baik saya coba jelaska sedikit,4GB itu merupakan kapasitas secara keseluruhan yang di install kedalam perangkat,bukan kapasitas ruang kosong,4 GB itu belum termasuk ROM yang terinstall,sebagai contoh anda membeli MMC 4GB,belinya 4GB tapi setelah anda masukkan ke hp pasti dibawah 4GB,entah itu 3 poin 8 GB atau berapa,yang pasti system hp bekerja memerluakan ruang,silahkan pindahkan saja aplikasi yang terinstall kedalam internal ke SD Card,jika tidak bisa ,anda bisa melakukan rooting terlebih dahulu supaya ruang internal lebih longgar

Hp saya note II kpsitas RAM 2gb, baru terisi 300mb tp available cuma tinggal 5mb.. mohon bantuannya mas

Kemungkinan besar semua file masuk kedalam internal ponsel,file tersebut seperti file hasil download,bluetooth,gambar/foto,video,coba di cari di pengaturan penyimpanan,ubah ke SD Card

Stlh dwload apk knp ad yg bsa d pndhkn ad jg yg gk?

untuk system original android memang seperti itu,kalau mau semua aplikasi dipindahkan ke SD Card caranya adalah dengan melakukan Rooting pada hpnya

Izin share :)
http://goo.gl/aPAs60

Saya mau tanya dong.. hp saya samsung galaxy mega 2 dipengaturan penyimpananya ga ada pilihan mau memori internal atau sd card.. soalnya saya tidak bisa mendownload aplikasi .. setiap mendownload aplikasi pasti ada bacaan memori internal tidak cukup ruang.. makanya saya mau mindahin dari penyimpanan internal ke sd card tapi di penyimpanan tidak ada pilihannya. Gimana iya itu?

bukannya itu internal memorynya 16gb?,hp dengan kapasitas internal besar biasanya setting/pengaturan default semua masuk kedalam internal memory termasuk musik/gambar/video,pasti ada pengaturannya dicari saja,untuk menu nya maaf saya lupa,untuk memindahkan aplikasi ke SD Card bisa melalui Setting-Application-Manage application kemudian ketuk aplikasinya maka nanti akan menuju halaman Uninstall,force stop,clear data dan move to phone/sd card,namun tidak semua bisa kecuali hp anda sudah di Root

hp diatas yang saya gunakan adalah Android Gingerbread yang tentunya menu setting tidak sama,dicari pasti ada

Iya mas memorinya 16gb tapi smua aplikasi yang di internl sudah saya hapus seperti game, music, ataupun video. Tapi pas saya mau download/memperbaharui aplikasi saya di playstroe selalu ada bacaannya tidak cukup ruang internal. semua aplikasi sudah saya pindahkan ke sd tapi saya bingung mencari pengaturan penyimpanan yang langsng ke sd. Apa masnya tau? atau hp saya yang bermasalah?

Kalau saya pegang langsung,bisa mbak,cuma kalau mau menerangkan dengan tulisan seperti ini rasanya sukar untuk dimengerti,coba cek berapa kapasitas ruang penyimpanan yang tersedia,atau kalau tidak mau repot,tinggal reset total saja,kemungkinan besar itu terpenuhi oleh data aplikasi,cari aplikasi dengan ukuran besar,hapus data aplikasi tersebut seperti cara diatas

masuk camera setting --> select storage --> pilih SD card atau phone

Gan mau nanya....
Kok ruang kosong di sd card saya berkurang terus ya?? Padahal saya gak masukin file atau download sama sekali.
Tapi tetep berkurang.... truss ada aplikasi yang nyimpen cache banyak udah saya hapus cache nya dan gak pake aplikasi itu lagi... tapi tetep aja berkurang....
Mohon bantuan nya

Gan mau nanya....
Kok ruang kosong di sd card saya berkurang terus ya?? Padahal saya gak masukin file atau download sama sekali.
Tapi tetep berkurang.... truss ada aplikasi yang nyimpen cache banyak udah saya hapus cache nya dan gak pake aplikasi itu lagi... tapi tetep aja berkurang....
Mohon bantuan nya

terus semangat yah gan menjelajah dan mengarungi dunia blogger..
makasih buat informasi, ilmu, serta hiburannya ..
kapan kapan ane jelong jelong lagi kesini..

Rumahdewi.com

hape saya lenovo S820. internalnya 2gb, tapi saya belum donlot aplikasi uda terpakai 1,3gb
itu masalahnya apa ya??

system operasi membutuhkan ruang untuk bekerja mbak,

Mau dapat gem Clash of Clans, diamond get rich, diamond hay day, dan masih banyak lagi dengan mudah tanpa survey dan root? Ini caranya

1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
2. Setelah ke intsall buka appnya
3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
4. Abis itu ada kotak invitation code
5. Masukan kode AK92284
6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 12$
7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17sampe $0.66 tergantung app nya
9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
hehehe
10. Setelah terkumpul $12 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play (domisili harus united state)
11. Nah kalian bisa beli gem CoC. Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $12 cepet kok, gk cuma buat gems juga lho, bisa juga untuk aplikasi/games berbayar di playstore, atau juga bisa untuk pay pal, steam gift card, facebook gift card, amazon gift card, macem macem deh pokoknya tergantung gift cardnya hahaha. Cape sih tapi klo udah menikmati hasil pasti enak deh, coba liat world rank keren ya. Menggiurkan sekali kan? Oh iya jangan percaya yg bilang code premium, semua code dapetnya $0.3

-Selamat Mencoba-
Jangan lupa share trik berguna ini ya

kak mau nanya. kemarin kan memory sistem saya masih 600mb an gitu yang kosong. yg saya install biasa biasa aja sih, ga ada game nya. nah itu siangnya hpku tiba tiba getar2 sendiri gitu kak. getar2 dua kali gitu, getar pertama, lalu lemot beberapa detik lalu getar lagi yg kedua langsung normal lagi. dan itu terjadi berkali kali kak. nah saya cuek aja ya, terus malamnya saya tinggal tidur. nah saya kaget pas paginya ini saya buka hp tiba2 udah low on space. saya cari di manage application lo nggak ketemu kak apps apa yang tiba2 melonjak gitu. saya bingung kak. ada solusi nggak selain factory reset? saya capek kak factory reset terus. makasih kak, mohon dijawab.

biasanya karena masalah cache,kalau buat internetan terus usahakan hanya menghidupkan aplikasi yang penting saja,jika tidak digunakan untuk mengakses google play sebaiknya matikan data sinkronisasinya,

Samsung saya Samsung Pocket. Belakangan ini sering bergetar getar sendiri seperti layaknya ada mssg masuk dan memorynya cepat sekali penuhnya. Kalau masalah download program, saya hanya punya 1 program di luar aplikasi pabrik, yaitu whatsapp saja. Saya buka program manager saya, dan WA hanya 23 Mb saja. SMS telah saya pangkas menjadi 10 alamat saja dan menyimpan mak 25 pembicaraan. kalau sudah penuh, saya tidak bisa terima SMS lagi. Biasanya setelah ini saya reset pabrik lagi. Ini sudah yang kelima kalinya saya reset pabrik. Jadi apa yang membuatnya cepat penuh dan bergetar?
terima kasih untuk jawabannya.

gunakan background data seperlunya saja mas,kalau gak buat buka playstore mending dimatikan,pindahkan aplikasi hasil download ke SD Card,jika tidak bisa dipindahkan,mending hp nya di root,kemungkinan setting penyimpanan foto,video,bluetooth masih masuk ke internal memory,untuk mengetesnya coba hidupkan hp tanpa kartu memory,jika gambar dan video atau apapun yang masih ada di posisi hp tanpa karu memory,nah pindahkan semua ke kartu memory setelah dipasang memorynya lagi

Mas Rip,
terima kasih. Maaf bukan saya mau menggurui tapi solusinya emang baru saja saya temukan beberapa hari yang lalu dan sesuai dengan apa yang mas Rip sampaikan yaitu yang berhubungan dengan PlayStore. Dulu itu entah mengapa, play store-nya muncul di download-nya task manager. Sekarang sudah saya hapus dan tidak bergetar lagi.
Boleh nanya lagi nggak ya, sehubungan dengan jawaban mas Rip.
Apa yang dimaksudkan dengan di-root dan bagaimana mengset agar hasil download masuk ke external memory secara otomatis?
Nuwun,
Amin

Android saya samsung young 2..
Kapasitasnya masih ttap rendah pdahal sbgian bsr aplikasi yg gk pentin udah aku hapus,dan udah aku clear data tp ttp aja masih gitu.kyak ny kapasits nya gk rendh rendh amat tp knp mish ad notifikasinya.
Cranya gimana y ngilanginny? Ganggu bngt soalnya

apakah background datanya sudah dimatikan?,biasanya ini mempengaruhinya,terlebih lagi jika tiap hari untuk main internet,

alkhamdulillah kalau sudah kelar mas,maaf saya gak bisa ontime balasnya ya,root itu sama dengan membebaskan ruang gerak aplikasi,caranya sangat mudah dan simple,bisa kamu pelajari di google dengan mengetikan kata kunci "cara root hp (tipe hpnya)"

klw meliht di keterangan memorinya.,, masih banyak ruang kosong..
http://s11.postimg.org/wl27be6o3/Capture.jpg

yg ingin ane tanyakan knp selalu muncul memori penuh gitoo ...

Masalah saya sama seperti mas Amrinal. setting kamera penyimpanan sudah diubah ke SD card tetep aja masih full.
Keliatannya ada cache di Picture-Video yang tidak terlihat.
Nah, bagaimana mas cara hapusnya cache yang ga keliatan itu?
Padahal Picture-Video isinya juga sedikit tapi memakan memori banyak.
Mohon pencerahannya ya mas. Thank You.

Pake aplikasi Droidsall Super App2Sd atau sejenisnya mas

Oke mas saya coba install. Kalo memori yang terdeteksi itu kenapa ya mas? "Memory Unavailable" gitu tulisannya. Udah saya coba Unmount-Mount tapi tetep aja kaya gitu

Ohya mas satu lagi. Xperia saya belum di Root apakah masih bisa mas buat masalah memori diatas?

Kalo Mau Install App ,malah dapet "kehabisan Kapasitas" gmna cra mngtsinya??

Mas,kartu sd itu yg menyimpan datakn?tpi kok memori sd ku 16 gb,cuma dapat menampung 4,49 gb?padahal dulu klo download ampe 10 gb blum full........skrng dikit2 ngapus data yg lain dulu.......btw ic nya prnh jebol,tpi udh di srvice

Salam Kenal gan,,, terima kasih sudah berbagi ilmu...

mas tolong bantuannya hp saya advan(android)trus masalahnya memori internalnya gx tampilanannya/terhapus trus klw buka galery muncul tulisan "tidak ada penyimpanan" gitu
mohon batuannya mas saya tunggu....
trimakasih

Trimah kasih kk...
Aku udh ngerti dangke

Terima kasih sudah bergabung di situs timkicau ini,semoga bermanfaat dan salam kicau mania

Back To Top