Burung-burung cantik pulau jawa

Burung-burung cantik endemik pulau jawa. Sebagai pengetahuan saja tentang species-species burung yang ada di indonesia. Burung cantik Selain cenderawasih kali ini akan membahas tentang species burung cantik di pulau jawa yang semakin menipis populasinya. Semoga tulisan ini bisa menjadikan motivasi untuk tetap menjaga kelestarian hidup burung-burung cantik,supaya anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keindahan dan melihat langsung bukan sekedar melihat dari gambar tentang keindahan burung endemik ini.

Ekek geling jawa/Javan Green Magpie
Burung-burung cantik pulau jawa
Ekek-geling jawa atau Javan Green Magpie Cissa thalassina . Burung langka dan endemik Jawa Barat ini merupakan burung dari keluarga Corvidae dan merupakan kerabat dari ekek geling kalimantan atau Bornean green magpie . Ukuran tubuh Ekek-geling Jawa berkisar 32 cm. Bulu pada tubuhnya didominasi oleh warna hijau dengan strip warna hitam pada mata dan strip warna coklat-berangan pada sayapnya dengan bulu-bulu tersiernya pucat. Paruh dan kaki berwarna merah. Iris mata berwarna coklat dan ekornya pendek.Suaranya bisa di download di Suara burung ekek geling

Ekek Geling Jawa merupakan hewan endemik yang hanya bisa ditemui di Jawa Barat. daerah sebarannya meliputi Taman Nasional Merapi, Taman Nasional Halimun Salak, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan hutan kawasan Parahyangan. Habitatnya adalah hutan dan tepi hutan dengan ketinggian antara 500-2000 meter dpl.

Luntur jawa atau Javan Trogon
Burung-burung cantik pulau jawa
Burung luntur jawa atau Javan Trogon (Apalharpactes reinwardtii ) merupakan burung endemik Jawa yang masih satu species dengan sumatran Trogon,keduanya tergolong dalam blue-tailed trogon . Daerah persebaran yang terbatas di wilayah Jawa Barat bagian tengah. Tepatnya di sekitar Gunung Halimun, Gunung Salak, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Patuha-Tilu, Gunung Wayang dan Gunung Papandayan.

Populasi hewan endemik jawa ini diduga terus mengalami penurunan. Berdasarkan catatan birdlife, diperkirakan hanya terdapat 250-999 ekor individu dewasa. Sedangkan total populasi diperkirakan dibawah 1.500 ekor.

Javan Banded Pitta / Paok Pancawarna


Burung-burung cantik pulau jawa


The Javan banded pitta (Hydrornis guajana) is a species of bird in the Pittidae family. It is found in Java and Bali (wikipedia),burung jenis pitta atau paok ini memang cantik-cantik,tidak cuma di jawa saja,di kalimantan dan tempat-tempat lain maupun di negara lain mempunyai warna yang berbeda-beda,javan banded pitta memang sekilas sangat mirip dengan bornean banded pitta,hanya ada perbedaan sedikit di bagian dadanya,jika javan banded pitta ada warna biru kehitaman di bagian dada ngalung,sedangkan bornean tidak ada.

Nah itu tadi beberapa jenis burung cantik di pulau jawa,Mungkin jika ada tambahan bisa dimasukkan java sparrow,betet jawa,kuntul jawa yang saat ini sudah jarang bahkan tidak pernah kita jumpai di alam bebas. Yang jadi pertanyaan saat ini adalah,dimanakah habitatmu kini?,semoga saja akan tetap terjaga kelestariannya,dan supaya anak cucu kita kelak masih bisa melihat keanekaragaman fauna asli di daerah masing-masing.
7 Komentar untuk "Burung-burung cantik pulau jawa"
Back To Top