Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Jenis burung emprit/pipit yang berekor panjang. Burung pipit kalau dalam bahasa asingnya disebut Finch adalah jenis burung berparuh pendek (sebagian besar),tebal dan kuat,pemakan biji-bijian. Burung jenis ini sering dianggap hama bagi para petani karena sering memakan padi yang mereka tanam.

Burung emprit/finch merupakan bagian dari satu keluarga besar Finches atau superfamily Passeroidea dari Passeriformers yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa kelompok family dan juga genus yang berbeda-beda. Termasuk burung angrybird (cardinal),tanangers ,sparrows, indigo bird, buntings, waxbills dan semua yang tergolong dalam superfamily passeroidea (berparuh pendek,tebal, dan kuat).

Jika kita perhatikan 3 tahun belakangan ini,para penghoby burung di indonesia digandrungi dengan fenomena emprit/pipit sebenarnya. Seperti burung kenari itu juga termasuk emprit/pipit,dan juga burung-burung emprit hias yang lainnya seperti zebra finch,gouldamadine,goldfinch, goldon blue,blackthroated, mozambiq dan aneka jenis burung pemakan biji-bijian yang lain.

Besarnya peminat burung di Indonesia  membuat para importir burung tidak tanggung-tanggung mengimport burung dari luar negeri,hal ini juga untuk meminimalisasikan perburuan burung endemik di indonesia. Sekarang bisa kita jumpai beraneka ragam jenis burung import yang ada di setiap pasar burung di Indonesia.

Kali ini saya akan menuliskan tentang jenis burung emprit/pipit yang mempunyai ekor panjang dan indah,mari kita lihat.

1.Long tailed widowbird
Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Ini merupakan jenis burung pipit dengan ekor terpanjang dan tercantik di dunia. Lihat saja gambarnya,untuk terbang saja sepertinya susah sekali. Merupakan jenis burung dari keluarga Ploceidae (burung penjahit kalau di indonesia sama dengan burung manyar) dan dari genus Euplectes. Ada sekitar 8 species widowbird di genus ini dan sebagian besar sangat mirip,sebut saja marsh widowbird, montane widowbird, red collared widowbird, namun yang paling mempesona adalah long tailed widowbird.

2.Long tailed paradise wydah
Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Burung cantik dari keluarga viduidae ini juga tidak kalah menarik. Di kelompok ini juga ada beberapa yang mirip dengan long tailed paradise wydah seperti Exclamatory paradise wydah,sahel paradise wydah dan broad tailed paradise wydah yang semuanya berada di benua Afrika. Sekarang burung ini bisa dijumpai di Indonesia dan bisa kalian beli dengan harga Rp1.800.000 an per pasang.

3.Pin tailed wydah
Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Yang terakhir ini juga masih sama dengan ke tiga burung diatas. Ini juga salah satu jenis burung import yang sekarang sudah ikut menghiasi pasar burung di berbagai daerah di Indonesia. Kisaran harga tahun 2014 ini antara Rp1.3jt- Rp1.5jt/pasang.

4. Strow tailed wydah
Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Burung ini merupakan satu kelompok dengan burung long tailed paradise wydah diatas,berekor panjang namun mempunyai warna yang berbeda.

5.Steel blue wydah
Burung emprit/pipit yang berekor panjang

Burung ini masih satu genus juga dengan burung ke dua dan ketiga di atas,namun berwarna biru tua yang indah.

Burung emprit/finch berekor panjang diatas jika di Indonesia di golongkan dalam jenis burung hias,selain warna dan fisiknya yang cantik, burung- burung ditas juga bisa berkicau.
6 Komentar untuk "Burung emprit/pipit yang berekor panjang"
Back To Top