Burung kenari lizard (lizard canary)

Download mp3 suara burung kenari lizard-Kenari Lizard merupakan jenis kenari tertua yang pertama kali dikenal di daerah Eropa pada dekade 1600-an dan mulai dikembangkan pada dekade 1700-an di negara Perancis. Sebenarnya kenari lizard pernah berada di ambang kepunahan pada saat era Perang Dunia karena peperangan dan wabah penyakit, namun sebuah asosiasi bentukan para peternak kenari lizard bisa menyelamatkan populasinya yang saat itu bisa dihitung keberadaannya.

Burung kenari lizard (lizard canary)

Kenari ini biasa dikenal dengan sebutan kenari kadal yang selain berasal dari kata 'lizard' yang berarti kadal, kenari jenis ini memiliki penampakan corak bulu yang tegas dan jelas menyerupai sisik kadal.

Sekitar tahun 1950, Bob Yates yang saat itu menjabat sekretaris Canary Colour Breeder’s Association sukses menangkarkan sejumlah kenari lizard dengan warna berbeda, termasuk warna putih dan merah bata. Namun, ketika itu hasil penangkarannya dianggap belum mencapai kesempurnaan. Meski demikian, ini membuktikan pada dunia bahwa kenari lizard bisa dikembangbiakan dengan warna berbeda. Pada tahun 1970, sejumlah peternak berhasil menggabungkan pigmen warna pada sisik kenari lizard dengan pigmen mutasi yang dikenal dengan pigmen satin (satinette ). Hasilnya adalah warna mutiara atau pearl.

Metode penangkaran kenari lizard dengan warna berbeda berhasil dikembangkan dan sejumlah peternak sukses memadukan warna pada sisik dengan warna mutasi yang menghasilkan warna mutiara. Sehingga sampai saat ini kenari lizard populer dengan istilah kawin silang / cross breeding.
Secara fisik, burung kenari jenis lizard dapat dikenali dengan mudah karena wujudnya yang benar-benar berbeda dengan kenari jenis lain. Kenari lizard umumnya memiliki ukuran panjang tubuh 13-14cm. Dari bulunya dapat dikenali adanya corak serta motif menyerupai sisik kadal dan memiliki warna tubuh yang mirip kadal. Oleh sebab itu banyak juga yang menyebutnya kenari kadal atau kenari lizard.

Burung kenari jenis lizard memiliki dua warna dasar, yaitu warna emas dan warna perak yang dilapisi rangkaian warna hitam yang tertata rapi secara pararel menyerupai rangkaian tenunan benang di sekujur tubuhnya. Ekor kenari lizard sempit dengan butu ekor yang juga tersusun rapi. Kepala kenari lizard bisa dibilang cukup besar dengan 'topi' berbentuk oval yang belebar pada bagian atas kepalanya. Warna paruh dan kaki kenari lizard umumnya memang berwarna hitam, dari situ juga bisa dijadika acuan untuk mengenalinya.

Bagi yang menginginkan mp3 suara burung kenari lizard,silahkan bisa download mp3 nya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
0 Komentar untuk "Burung kenari lizard (lizard canary)"
Back To Top