Google sitelink seperti hantu

Google sitelink seperti hantu. Ini bukan artikel berbobot,ini hanya sekedar tulisan biasa yang saya tulis berdasarkan penelitian saya sendiri dan bersumber dari blog pribadi saya sendiri. Mengapa saya sebut google site link seperti hantu,karena keberadaannya yang tidak konsisten pada satu kedudukan, kadang muncul kadang hilang entah kemana.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, Sitelink adalah tautan link yang berbentuk dinamis dalam suatu situs yang dibuat oleh google dalam mesin pencarian. Google menganggap sitelik pada sebuah situs penting, karena situs/blog tersebut dianggap mampu memiliki sumber manfaat dan informasi yang dapat dipercaya dan orisinil. Dengan kata lain bahwa google hanya akan memberikan sitelink apabila google menganggap poin dari situs tersebut bermanfaat bagi user atau pengunjung. Seperti ini contoh sitelink blog ini jika kalian mengetikkan kata kunci "Tiyang Magelang" di google search.

Google sitelink seperti hantu
Itu adalah contoh gambar yang saya capture minggu yang lalu,namun setelah saya merubah beberapa elemen pada template blog ini dan kemudian saya cek ulang di google,ternyata hilang lagi. Sebuah fenomena yang sudah tidak asing lagi bagi saya tentang sitelink yang kadang muncul kadang tidak.
Kenapa hal seperti ini sering terjadi?,kalau jawaban versi saya hanya karena perubahan struktur elemen pada template itu sendiri yang umum terjadi untuk blog pribadi yang jarang update seperti blog ini.

Berbeda jika dibandingkan dengan blog atau website besar seperti detik com misalnya yang setiap harinya bisa update post lebih dari 10 artikel post.Biarpun diubah templatenya juga posisi sitelink tetap ada di google search karena memang reputasi websitenya sangat bagus.

Jika kalian mengalami hal yang serupa dengan apa yang saya tulis diatas,maka jangan panik blognya hilang dari search engine selagi masih ada yang keindek.Karena berdasarkan pengamatan saya,sitelink blog itu akan muncul jika sering update post dan jangan sering mengusik template.Tidak semua blog mengalami hal seperti ini,karena blog saya yang satunya juga sitelinknya tidak bbermasalah meskipun setelah ganti template,asal sekali gantii saja,jangan tiap hari diubah-ubah melalui HTML mode.

Struktur template yang mempunyai kode acak-acakan atau tidak tertata rapi juga mempengaruhi tampilan sitelink di google,seperti beberapa waktu lalu blog ini juga tidak punya sitelink padahal jarang sekali merubah atau mengacak-acak template blog ini.Karena waktu itu saya tidak punya komputer/laptop,tapi untungnya saya punya sahabat yang sangat baik sekali dalam dunia blogging ini, sehingga beliaulah yang membantu memperbaiki struktur template blog ini yang bermasalah.

Saat ini saya sudah tidak begitu memperdulikan lagi tentang sitelink,selain bikin pusing juga karena saya sudah agak malas nguber-uber google untuk menanyakan problematika blog.Selain itu juga banyaknya pekerjaan dalam keseharian saya di dunia nyata juga menjadi faktor penyebab berkurangnya jadwal main internetan.Posting artikel masih sering,selagi ada waktu luang saya usahakan posting supaya blog ini tidak dianggurkan,cuma untuk blogwalking saya sudah jarang.Semoga kalian tetap semangat ngeblog,jangan pedulikan sitelink google,jika saat ini blog anda tidak muncul,percayalah bahwa akan muncul di bulan berikutnya asal konsisten untuk posting dan jangan ganti tmplate ataupun merubah struktur template secara berlebihan.
Tag : blogger
17 Komentar untuk "Google sitelink seperti hantu"
Back To Top