Jalak Putih

Jalak putih (Acridotheres melanopterus) atau sinonimnya Sturnus melanopterus) adalah spesies jalak yang termasuk dalam keluarga Sturnidae . Spesies ini juga diketahui dengan nama beo sayap hitam atau jalak dada-putih. Sekilas mirip seperti Jalak Bali,hanya saja tidak berjambul dan warna kulit di bagian kelopak matanya berwarna kuning.

Jalak Putih

Jalak putih berukuran sedang (23 cm), berwarna hitam dan putih. Tubuhnya yang didominasi dengan warna putih menyebabkan ia disebut jalak bodas dalam bahasa Sunda. Tubuhnya hanya sedikit mengandung bulu yang berwarna putih. Warna hitam hanya terdapat di ujung sayap dan ekornya. Badannya gagah dan paruhnya tajam, kuat, dan lurus. Kakinya panjang sebanding dengan tubuhnya. Ia bersuara ribut, berceloteh keras, dan terkadang meniru suara burung lainnya.

Jalak putih (Sturnus melanopterus) memiliki tiga ras, yakni ras Jawa dan Madura (melanopterus), ras pulau Bali (tertius), dan ras peralihan di ujung Jawa timur (tricolor). Pada ras Jawa dan Madura, burung jalak putih memiliki punggung dan penutup sayap berwarna putih, sedangkan pada dua ras lainnya berwarna lebih kelabu.

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang Burung jalak semiran. Modus pedagang yang mencari keuntungan besar dengan memanipulasi atau mutasi warna instant dari burung jalak hitam yang diwarnai sedemikian rupa sehingga mirip dengan jalak putih dengan berbagai dalil untuk mengelabuhi calon pembeli. Modus-modus penipuan yang mengatas namakan jalak putih banyak perkembang,jadi kalau mau beli lebih baik belilah di penangkar burung jalak putih itu sendiri.

Burung jalak putih hidup secara berpasangan atau dalam kelompok kecil yang hidup mendiami hutan dataran rendah. Sebagai burung endemik sebaran jalak putih hanya ada di pulau Jawa (terutama Jawa Timur), Madura, Bali dan Nusa Penida, meskipun terkadang mengembara hingga ke Lombok.

Sekarang sudah sangat jarang kita jumpai keberadaan burung jalak putih ini di alam liar. Sepertinya sebagian besar sudah berada di dalam sangkar. Karena banyak penghobi burung yang peduli dengan habitat burung berkicau terutama burung asli atau endemik Indonesia,maka kini sudah banyak yang menangkarkan burung yang sudah mulai menipis di habitat aslinya.

Jika kalian ingin memelihara burung jalak putih ini sebaiknya membeli dari penangkar resmi,saya contohkan di penangkaran jalak miliknya mas bun atau bisa dilihat harganya di situs resminya anfbirdfarm.com.

Bagi yang belum punya burung jalak putih,silahkan bisa dengarkan dulu mp3 suara burung jalak putih yang bisa kalian download di bawah.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
4 Komentar untuk "Jalak Putih"
Back To Top