Jalak suren/uren

Jalak suren/uren,kedua species burung jalak yang mirip karena memang masih satu genus hanya beda species saja. Penurut peneliti,Sejauh ini ada sekitar 5 subspecies burung jalak suren. Di dalam dunia kicau mania atau dalam dunia perburungan antara jalak suren asal sumatera dan jalak suren asal jawa yang biasa disebut jalak Uren itu mempunyai perbedaan, dari segi kicau,tampilan dan karakter dari masing-masing burung tersebut.
Jalak suren/uren



Sebelumnya, spesies burung jalak suren dimasukkan ke dalam genus Sturnus dan Sturnopastor , namun hasil studi terbaru tidak mendukung penggolongan jalak suren ke dalam genus Sturnus, sehingga spesies ini dikembalikan ke dalam genus yang lebih tua,yaitu Gracupica .Ada yang mengatakan bahwa nama spesies "contra" berasal dari nama dalam bahasa India, meskipun sampai sekarang hal ini belum pernah ditelusuri kebenarannya.

Jalak suren/uren
lima ras / subspesies jalak suren di seluruh dunia, diantaranya adalah sebagai berikut, :

  • Gracupica contra contra (Linnaeus, 1758) :habitat di wilayah timur Pakistan (Lahore),wilayah tengah India (Assam, Karnataka, Andhra Pradesh), serta wilayah selatan Nepal dan Bangladesh. Ciri ras ini, warna bulu di bagian kepala hitam, bercak di daerah pipi melebar hingga ke sisi tengkuk.
  • Gracupica contra sordida (Ripley, 1950):habitat di wilayah timurLaut India (dari Sadiya ke Tirap dan Bukit Naga). Ciri ras ini mirip contra, namun bagian pundak dan tengkuknya tidak terlalu bergaris-garis.
  • Gracupica contra superciliaris (Blyth, 1863): habitat di wilayah timurLaut India (Manipur), wilayah timur Myanmar, dan wilayah baratdaya China (daerah Yunnan).Ciri khasnya adalah memiliki bulu putih di bagian kepalanya, yang membentang hingga ke atas mata.
  • Gracupica contra floweri (Sharpe, 1897): habitat di Thailand, wilayah baratlaut Laos,dan Kamboja.Cirinya mirip dengan ras superciliaris, tetapi bulu putih di atas kepala lebih lebih banyak.
  • Gracupica contra jalla (Horsfield, 1821): habitat di Sumatra, Jawa, dan Bali. Ciri khasnya adalah bilu di atas kepala berwarna hitam, daerah sekitar mata dikelilingi warna oranye lebih luas daripada ras lainnya. Sebaliknya, bercak putih di daerah pipi relatif sempit dibandingkan ras lainnya.

Secara umum,perbedaan jalak suren yang menyebar dan terkenal di indonesia hanya 2 jenis,yaitu jalak suren dari jawa dan jalak suren yang dari sumatera. Perbedaan jelasnya seperti gambar berikut ini.
Jalak suren/uren

Silahkan lihat video burung jalak uren gacor berikut ini.

Bagi yang ingin mendownload mp3 suara burung jalak uren silahkan download melalui link di bawah ini.
1 Komentar untuk "Jalak suren/uren"
Back To Top