Obat dan cara pengobatan burung

Beberapa jenis obat-obatan atau vaksin yang dapat diberikan untuk menjaga kesehatan burung dari penyakit CRD (Chronic Respiratory Disease) Dan Kolibasillosis / CRD Complect,Obatnya untuk menangani masalah pada jenis penyakit tersebut adalah,

Obat dan cara pengobatan burung

SINDOFLOX 
Kandungan : Enrofloxacin 10%
Cara kerja: bekerja Langsung PADA inti sel Bakteri (DNA). kemampuan bakterisidalnya sangat kuat, baik pada kolibasillosis maupun RAL sehingga mampu mengatasi CRD komplek.
Indikasi : Untuk mengatasi CRD komplek serta kolibasillosis, sangat berguna untuk memberantas infeksi sekunder penyakit CRD seperti sacculitis, paricarditis dan parihepatitis.

Keunggulan:

  1. Absorpsi cepat, distribusi obat keseluruh tubuhk 
  2. Bersifat bakterisidal dengan merusak enzim DNA-gyra 
  3. Obat Yang tepat terhadap kuman Mycoplasma sp dan komplikasinya 
  4. Aman dipakai dan tidak ada Efek samping 
  5. Praktis dalam pemakaiannya 

Dosis : 1 gram SINDOFLOX / 1 - 2 liter air minum diberikan selama 3 -5 hari berturut-turut selama 24 jam, dosis 10 mg Enrofloxacin / kg berat untuk untuk badan. ND (Newcastle Disease) atau Tetelo

Tahap pencegahan
MEDIVAC ND HITCHNER B1 
Kandungan : virus Newcastle disease strain Hitchner B1 dalam bentuk serbuk
Indikasi : Medivac ND Hitchner B1 digunakan pada vaksin pertama (stater), yaitu pada umur 7 hari.
Dosis: diberikan melalui tetes mata, tetes hidung, atau semprot. Melalui Tetes Mata. Larutkan Medivac ND Hitchner B1 dalam larutan dapar (pelarut) yang sesuai. (saat pembelian vaksin sdh diikut sertakan), kemudian dikocok sampai rata, usahakan jangan sampai berbuih, kemudian teteskan larutan vaksin pada mata satu tetes setiap satu ekor. Tunggu vaksin benar benar masuk kedalam mata (akan mengejapkan mata berkali – kali) baru dilepas.

Anjuran : Jangan gunakan vaksin yang vialnya retak atau segelnya sdh rusak. Hanya burung sehat yang boleh di Vaksin, karena burung sakit tidak dapat membentuk kekebalan tubuh dengan baik. Selama vaksinasi, vaksin jangan kena panas atau sinar matahari langsung Vaksin segera digunakan setelah tutup segelnya sesudah di buka, dan harus terpakai habis dalam 2 jam. Cuci dan desinfeksi tangan dan peralatan setelah vaksinasi, vial bekas vaksin, dan sisa vaksin dibakar, di rebus atau direndam selama minimal 30 menit dalam larutan desinfektan sebelum di buang.

Vaksin Lanjutan
MEDIVAC ND LA SOTA
Cara penggunaan nya sama dengan Medivac ND Hitchner B1, hanya vaksin MEDIVAC ND LA SOTA digunakan untuk burung yang sudah berumur 21-30hari

Tahap Darurat saat kasus
MEDIVAC ND CLONE 45
Kandungan: virus Newcastle disease (ND) strain Clone 45. Setiap dosis mengandung virus ND minimal 107 EID 50.
Indikasi : digunakan untuk vaksinasi pertama (terutama pada anak burung yang mempunyai kekebalan asal induk yang tinggi), revaksinasi dan vaksinasi darurat pada saat ada wabah ND. Hasil vaksinasi pada burung yang sudah sakit ND sangat tergantung pada kondisi tubuh.
Dosis: MEDIVAC ND CLONE 45 diberikan 1 dosis setiap ekor melalui tetes mata atau hidung, air minum, semprot ( spray) atau suntikan.

Untuk jenis-jenis obat-obatan diatas bisa kalian beli di toko obat-obatan untuk unggas atau poultry shop,

Standar pemakaian  dan penyimpanan vaksin
Vaksin inaktif -Vaksin inaktif yang masih tersegel dan disimpan dengan benar, yaitu di lemari pendingin/refrigerator dengan suhu 2-8°C dapat tahan sampai masa kadaluarsanya habis (dapat dilihat di etiket kemasan vaksin). Tapi untuk vaksin inaktif yang telah dibuka segel tutupnya harus habis tervaksinkan dalam waktu 24 jam. Dan vaksin yang telah dibuka ini tidak boleh dimasukan/disimpan lagi di lemari pendingin. Selain itu, vaksin inaktif jangan disimpan pada freezer karena dapat menurunkan potensinya.
Tag : finch
3 Komentar untuk "Obat dan cara pengobatan burung"
Back To Top