Burung Siberian Rubythroate Bersuara Merdu

Suara burung siberian rubythroat yang merdu. Siberian rubythroat (Luscinia calliope ) atau nama penyebutan yang lain Red-necked Nightingale,sedangkan di Indonesia sendiri disebut berkecet leher merah. Burung ini merupakan Family dari Muscicapidae berdasarkan informasi dari wiki terbaru yang merupakan species dari Genus: Luscinia.
Burung siberian rubythroated bersuara merdu
Ada kesimpang siuran tentang klasifikasi burung yang satu ini. Ada yang menganggap burung ini adalah bagian dari keluarga Turdidae /turdus atau sejenis dengan Burung punglor/anis. Tapi belum lama ini siberian rubythroat dimasukkan dalam kelompok Muscicapidae oleh beberapa pengamat dunia perburungan internasional.

Burung Siberian Rubithroat berukuran sedang, dengan warna tubuh bagian atas cokelat-zaitun. Sesuai dengan namanya, ciri khas burung ini adalah bagian tenggorokan atau lehernya yang berwarna merah terang jika sudah berusia dewasa. Warna merah ini terlihat kontras, karena bagian dada berwarna abu-abu dan perut putih. Pada bagian atas kepala dan bawah mata terdapat garis putih.

Pakan utama serangga dan cacing,dan juga buah-buahan. Burung jantan memiliki warna bulu lebih cerah dan tegas, sedangkan betina memiliki warna yang cenderung lebih terang dan kusam. Perbedaan paling mencolok adalah warna merah di bagian leher/ tenggorokan, karena hanya dimiliki burung jantan.

Berkecet leher-merah termasuk salah satu favorit kicaumania di China, Vietnam, dan kawasan Indochina lainnya, karena suara kicauannya yan merdu dan lantang. Mereka lebih sering menyebutnya sebagai siberian ruby

Suara burung ini cukup bagus,coba lihat video dibawah ini,seekor siberian rubythroat berkicau dan gacor sekali.

Bagi yang mau nyimpan mp3 nya,silahkan download dibawah ini.
  1. Download mp3 suara burung siberian rubythroated
  2. Download mp3 suara burung siberian rubythroated
  3. Download mp3 suara burung siberian rubythroated
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
2 Komentar untuk "Burung Siberian Rubythroate Bersuara Merdu"
Back To Top