Cara mengatasi burung cendet mbayi/miyik

Cara mengatasi masalah burung cendet mbayi atau miyik. Burung cendet atau pentet atau thoet merupakan salah satu jenis burung pengicau yang handal dalam menirukan suara burung atau suara lain yang sering ia dengarkan. Burung cendet juga merupakan burung predator kecil,di alam liar makanannya adalah berbagai macam serangga seperti jangkrik,belalang,ulat,terkadang juga terlihat makan kadal,makan anak burung kecil yang lainnya.

Cara mengatasi burung cendet yang mbayi atau miyik. Sifat mbayi/miyik sering menjadi masalah bagi pemelihara burung cendet,khususnya bagi pemula. Meskipun usia burung cendet sudah dewasa yaitu di atas 1 tahun,kadang sifat manja ini muncul. Biasanya jika sudah miyik,burung juga malas untuk berkicau,tampilannya pun tidak tegap dan cenderung selalu mbagong seperti gambar dibawah ini yang membuat si pemilik burung biasanya kesal/jengkel.
Cara mengatasi burung cendet mbayi/miyik

Jika kalian mencari jawaban dari permasalahan ini di google,jawaban yang paling pokok atau kebanyakan adalah dengan memberi pakan burung seperti di alam. Hal ini tujuannya adalah untuk membangkitkan sifat predatornya. Yang harus diberikan anakan burung mati biasanya burung pipit atau memberinya banyak binatang lain  seperti serangga.

Cara yang pernah saya lakukan bukan seperti itu,sebenarnya cara ini milik pribadi dan berhasil untuk burung yang pernah saya pelihara. Jangan coba jika Anda ragu karena tips ini berbeda dengan banyak orang tapi tetap saya lakukan jika suatu saat pengen pelihara lagi.

Tips ini saya hanya membuatkan ramuan khusus berupa campuran kuning telur,madu dan pakan (voer). Cara membuatnya dengan mencampur ketiga bahan tersebut lalu di kukus hingga mengeras seperti kue Apem. Setelah jadi kemudian letakkan di samping pakan,karena baru pertama kali,coba ajari si burung mematuknya dengan cara mengambil sedikit bagian dari pakan ramuan tersebut.

Berdasarkan nalar saya adalah membuat si burung agar makannya seperti makan daging. Jadi saya rebus supaya pakan berupa ramuan tersebut mengeras dan juga bisa tahan 2 hari. Jika burung sudah doyan makan,biasanya akan ketagihan dan tidak nafsu untuk makan serangga. Performa pun meningkat,semua burung cendet yang pernah saya pelihara jika terjadi mbayi/miyik/manja,sekali dikasih makanan buatan itu hasilnya sangat cepat,sehari langsung bergaya seperti biasa,berdiri tegap dan gacorr.

Setiap pemilik burung kicau selalu mempunyai cara tersendiri,tidak selalunya cara yang diberikan orang lain itu berhasil untuk kita lakukan. Ini adalah tantangan,jika ingin burung peliharaan Anda bagus,pahamilah sifat dan karakternya,rawatlah sebagus mungkin,lama kelamaan pasti akan terbiasa. Salam kicau mania.
Tag : Dunia Burung
5 Komentar untuk "Cara mengatasi burung cendet mbayi/miyik"
Back To Top