Download mp3 lagu pop jawa suriname

Download mp3 lagu jawa suriname. Kumpulan mp3 lagu-lagu dari negara bagian suriname yang menggunakan bahasa jawa.Tapi sebelumnya silahkan simak terlebih dahulu tentang asal muasal orang jawa dengan bahasa jawanya bisa berada di suriname.Pernah dipelajari waktu sekolah tentang sejarah,barangkali jika ada yang lupa ;).
Download mp3 lagu pop jawa suriname

Di akhir 1800-an,Belanda mulai mendatangkan para kuli kontrak asal Jawa, India dan Tiongkok . Orang Jawa awalnya ditempatkan di Suriname tahun 1880-an dan dipekerjakan di perkebunan gula dan kayu yang banyak di daerah Suriname.Orang Jawa tiba di Suriname dengan banyak cara, namun banyak yang dipaksa atau diculik dari desa.

Tak hanya orang Jawa yang dibawa, namun juga ada orang-orang Madura,Sunda,yang sekarang keturunannya menjadi orang Jawa semua di sana. Bahasa selain Jawa seperti Sunda,Madura sudah tak dituturkan lagi, dan tak memberi pengaruh apapun terhadap bahasa Jawa yang dituturkan di Suriname.Walaupun demikian,terdapat pula beberapa kata Melayu,dan kata-kata tersebut memang sudah ada dalam bahasa Jawa masa itu sebelum dibawa ke Suriname.

Setelah Indonesia sudah 'merdeka',banyak orang Jawa Suriname kembali ke Indonesia.Kemudian, pada tahun 1975 saat Suriname merdeka dari Belanda, orang Suriname termasuk orang Jawa di sana diberi pilihan, tetap di Suriname atau ikut pindah ke Belanda.Banyak orang Jawa Suriname akhirnya pindah ke Belanda, dan lainnya tetap di Suriname.Rata-rata orang Jawa Suriname beragama Islam, walau ada sedikit yang beragama lain.Yang unik dari orang Jawa Suriname ini adalah dilarang menikah dengan anak cucu orang sekapal atau satu kerabat.Jadi orang sekapal yang dibawa ke Suriname itu sudah dianggap bersaudara dan anak cucunya dilarang saling menikah.

Orang Jawa Suriname sebenarnya tetap ada kerabat di Tanah Jawa walau hidupnya jauh terpisah samudra, itu sebabnya bahasa Jawa tetap lestari di daerah Suriname.Orang Jawa Suriname berjumlah sampai 15%  dari penduduk Suriname,sebagian keturunan mereka ada yang tinggal di Belanda. Sampai sekarang, mereka tetap menuturkan bahasa Jawa.

Dilihat dari asalnya, kurang lebih 70% orang Jawa berasal dari Jawa Tengah, 20% dari Jawa Timur dan 10% dari Jawa Barat . Kurang lebih 90% termasuk etnis Jawa; 5% Sunda;2,5% Madura dan 2,5% suku lain, termasuk juga orang-orang dari Batavia (kini Jakarta). Di antara suku Jawa tersebut, mayoritas berasal dari Karesidenan Kedu (Kabupaten Magelang dan sekitarnya).Itulah sebabnya, bahasa Jawa yang dituturkan di Suriname mirip dengan bahasa Jawa Kedu (semi ngapak).

Terdapat 3 ragam bahasa Jawa di Suriname,yakni ngoko,krama dan krama napis.Krama di Jawa adalah madya dan krama napis adalah krama dan krama inggil.(dikutip dari wikipedia).
Untuk lagu pop jawa suriname,saya punya lumayan koleksi yang saya convert dari youtube.Monggo yang mau mendengarkan lagu-lagu bahasa jawa versi orang jawa suriname,keren-keren yang kebanyakan lagu pop klasik yang enak dinikmati,untuk yang menggunakan PC/Laptop bisa diputar terlebih dahulu,

1-Ngapuro 
2-Kulo Mriki 
3-Ojo Salah Tompo 
4-Tresno Tanpo Wates 
5-Kangmasku 
6-Pengen Kenal Kowe 
7-Pengen Weruh Kowe 
8-Udan Salah Mongso 
9-Kari Merem 
10-Bocah Bagus 
11-Wes Suwe 
12-Ora Ono Liyo 
13-Wong Tuwo 
14-Kado Tresno 
15-Ji Ro Lu 
16-Pake Macul 
17-Katresnaning Ibu
Wong jowo to?,mudeng mesti ;),semoga bermanfaat dan salam paseduluran.
Tag : Budaya, Mp3
44 Komentar untuk "Download mp3 lagu pop jawa suriname"
Back To Top