Kampung desain grafis Magelang

Kampung desain grafis Magelang. Di Magelang dalam usaha bisnis online selain ada Kampung Blogger yang terkenal dengan bisnis online nya dengan ngeblog,ada Agus Mulyadi yang dikenal dengan Photoshopnya,juga ada satu julukan yang sangat menarik yaitu Kampung desain grafis atau kampung pembuat logo yang tergabung dalam kelompok yang dinamakan komunitas rewo-rewo.
Kampung desain grafis Magelang

Julukan kampung ini sebenarnya sudah beradar sejak oktober 2014 lalu,mungkin sudah banyak yang tahu. Sekedar sharing saja semoga dapat memotivasi pembaca semua.

Kampung desain grafis ini letaknya berada di desa Kaliabu kecamatan Salaman kabupaten Magelang. Sebuah desa yang saat ini mayoritas pemudanya bekerja sebagai pembuat logo dengan memanfaatkan software Adobe Photoshop dan juga Corel Draw. Penggagas utama terbentuknya kampung desain grafis ini adalah mantan seorang sopir bus yang bernama Muhammad Abdul Bar.

Profesi unik ini telah dapat mengubah taraf ekonomi serta martabat desa itu yang dahulu terkenal sebagai desa dengan angka kriminal tinggi. Dulu,hampir semua pemuda desa itu tidak memiliki pekerjaan tetap. Kebanyakan mereka hanya nongkrong, pesta miras, memalak, berkelahi dan sebagainya.

Seiring perjalan waktu, banyak pemuda yang ingin bergabung dan belajar menggambar desain. Lalu Abdul membentuk Komunitas Rewo-rewo. Nama itu dipilih karena semua anggota memiliki latarbelakang beragam, dari pengangguran, tukang bakso, pedagang pakaian, sopir, guru. Anggotanya kini mencapai 250 orang, semua warga desa Kaliabu, yang kebanyakan hanya lulusan SMP dan SMA. Kini, desa Kaliabu tidak lagi dikenal sebagai desa yang mengerikan tetapi berubah menjadi desa membanggakan berkat karya-karya logo mereka yang sudah dikenal dunia.

Hampir semua anggota komunitas itu pernah memenangi kontes desain logo yang diselenggarakan oleh perusahaan- perusahaan di berbagai negara. Abdul menyebutkan, jika dikalkulasi, seluruh pendapatan warga dari memenangi kontes logo bisa mencapai Rp 6 miliar dalam kurun tiga tahun terakhir. Tidak heran jika banyak warga yang beralih profesi menjadi desainer logo.

Ada banyak inspirasi yang saya dapat dari perjuangan mereka,meskipun tidak ada yang lulusan desain grafis,tidak paham bahasa inggris dan hanya mengandalkan google translate,tapi karena tekad mereka mampu membuat semuanya,dan kesuksesan dari bisnis online membuat logo telah mereka raih,

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan tonton video berikut ini.
58 Komentar untuk "Kampung desain grafis Magelang"
Back To Top