Sepeda onthel bapakku (si jadul yang makin dicari)

Sepeda onthel,begitu nama panggilan sepeda tua ini. Jenis sepeda yang satu ini merupakan eyangnya dari generasi sepeda masa kini. Bentuknya yang unik,klasik dan juga bobotnya yang cukup berat karena kerangka sepeda onthel terbuat dari besi yang tebal dan kuat,berbeda dengan sepeda onthel yang dibuat sekarang.
Sepeda onthel bapakku (si jadul yang makin dicari)
ilustrasi sepeda onthel gambar oleh google

Maaf saya tidak memiliki foto sepeda onthel milik bapak saya karena memang sudah lama saya tidak dirumah bersama orang tua,tulisan ini hanya mengingatkan saya pada masa lalu,

Saya (lebih tepatnya bapak saya) dirumah mempunyai 2 sepeda onthel lama. Yang satu masih utuh,yang satunya lagi sudah di copotin tapi masih lengkap juga onderdilnya. Sepeda ini milik bapak saya,dulu waktu masih bujang hingga aku lulus SMP,alat transportasi satu-satunya yang dimiliki bapak saya ya cuma onthel ini. Kemanapun beliau bepergian jika jarak masih memungkinkan ditempuh dengan sepeda ya gowes saja.

Sering saya ikut bapak saya naik onthel waktu masih kecil dulu. Saya ingat sekali sering bonceng dibelakang di dalam krombong,tau krombong kan?,anggap saja tahu lah ya,hehee. Sering juga diatas rumput,karena sepeda onthel ini adalah satu-satunya alat transportasi bapak saya,ketika mencari rumput dengan jarak yang jauh pun selalu dibawa buat mengangkut rumput untuk pakan sapi,mengangkut padi,kayu dan barang-barang yang lainnya.

Tapi sekarang sepeda onthel itu sudah tidak difungsikan lagi setelah bapak saya mampu beli sepeda motor. Sepeda motor yang beliau miliki sekarang juga tidak difungsikan juga karena saya belikan motor baru yang lebih bagus. Saya merasa kasihan melihat bapak saya yang semakin tua,saya hanya berharap bapak saya sehat dan tidak terlalu berat dalam bekerja maupun beraktifitas yang lainnya.

Dulu waktu sepeda onthel milik bapak saya ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah punya sepeda motor,pernah suatu ketika bapak saya marah sama ibuk karena sepeda ini mau dijual ke pencari barang bekas atau dikiloin. Mungkin karena sepeda onthel itu sangat berharga sekali yang bertahun-tahun lamanya menemani perjalanan bapak kemanapun beliau pergi.

Sekarang meski berada di gudang namun banyak yang mencari untuk dijadikan koleksi barang antik. Pernah suatu hari ditawar orang 1jt,tapi oleh bapak saya tetap tidak boleh. Malah dibanderol harga khusus sekarang,sebenarnya niatnya bukan untuk dijual,tapi cuma untuk menyiutkan keinginan pembeli saja.

Saya cuma berharap sepeda onthel milik bapak saya ini tidak jatuh ketangan orang lain karena saya juga suka koleksi barang lama. Di Magelang,jogja dan kota-kota lain juga banyak komunitas sepeda onthel. Biasanya juga memakai pakaian batik ataupun seragam ala-ala militer jaman dulu.

Apa kalian punya sepeda jadul ini dirumah?,jangan dijual meskipun sudah punya mobil kalau tidak kepepet.
Tag : Catatan
6 Komentar untuk "Sepeda onthel bapakku (si jadul yang makin dicari)"
Back To Top