Cara mengatasi masalah error connection google play

Cara mengatasi error connection di google play. Google play merupakan aplikasi yang tak lepas dari smartphone berbasis Android yang dulu bernama Market Android. Dengan aplikasi ini para pengguna gadget Android dapat mencari dan mengunduh berbagai macam aplikasi menarik dengan aman dan legal tentunya. Untuk dapat mengakses google play,penggunanya wajib memikiki akun google.

Cara mengatasi masalah error connection google play
Saya rasa semua pengguna Android sudah tahu,karena setiap membeli gadget Android baru oleh penjualnya akan ditawari mau bikin akun sekalian atau bikin sendiri?,jika tidak berarti penjualnya banyak itungan :D .Baca juga Masalah hp android memory cepat penuh

Terkadang,ketika kita membuka google play itu muncul beberapa permasalahan. Yang sering  biasanya adalah pesan Galat, connection time out, No Connection dan yang lain-lain yang mungkin saya belum pernah ngalami :D . Disini saya hanya akan menuliskan satu solusi untuk mengatasi masalah error koneksi pada saat membuka google play. Ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan munculnya error tersebut,diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Koneksi Internet lambat
Koneksi internet yang lambat biasanya tidak akan mampu meloading tampilan google play. Untuk membuka google play diperlukan data yang stabil dan tentunya lebih besar. Untuk mengetes kekuatan jaringan di tempat Anda,bisa menggunakan operamini yang lebih ringan. Jika ketika menggunakan operamini loadingnya lambat bahkan tidak bisa membuka sama sekali maka jangan harap bisa buka google play,tapi jika lancar seperti biasa,coba langkah selanjutnya.

2.Pengaturan jam dan tanggal
Terkadang ada perangkat yang bisa menyesuaikan secara otomatis dengan waktu setelah ditukar sim card,tapi ada juga yang tidak. Nah pengaturan ini juga mempenngaruhi terjadinya masalah error ketika membuka google play,bahkan aplikasi lain seperti youtube. Pengaturan waktu pada perangkat ini tidak mutlak menjadi penyebab,hanya terkadang mempengaruhi.

3. Hapus data google play
Cara ini untuk mengembalikan atau meremajakan kembali aplikasi google play. Untuk menghapus data pada aplikasi google play,caranya bisa melalui setting-Aplikasi-Manage aplikasi kemudian pilih Google Play,nah disitu nanti akan ada beberapa menu perintah seperti force stop (paksa berhenti), uninstall, clear cache,clear data dsb. Kemudian pilih clear data dan clear cache lalu pilih OK. Cara yang ini sebenarnya tidak berpengaruh cukup besar,yang utama adalah koneksi internet.

Sebelum mengakses google play pastikan koneksi Internet di tempat Anda lancar,lakukan cara seperti yang saya sebutkan nomor 1 diatas. Jika koneksi internet cepat,pengaturan jam dan tanggal sudah benar tapi masih juga tidak bisa membuka google play,langkah terakhir adalah reset. Jika tidak mau mereset,bawalah ke teknisi tapi musti bayar ;).
Tag : Tips Android
15 Komentar untuk "Cara mengatasi masalah error connection google play"
Back To Top