Kicau merdu burung ciung batu siul

Kicauan merdu suara burung ciung batu siul. Burung ciung batu siul atau nama dalam bahasa Inggrisnya disebut Blue-Whistling-thrush, adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, yang merupakan species dari genus Myophonus. Sebelumnya species beserta genus Myophonus ini dimasukkan dalam kelompok Burung Anis/punglor yang disebut Turdidae,namun study akhir-akhir ini para peneliti memasukkannya dalam kelompok burung Muscicapidae. 
Kicau merdu burung ciung batu siul

Burung ini merupakan jenis burung pemakan siput, kumbang besar, tempayak, serangga ai yang memiliki habitat di dekat sungai besar, retakan batu/gua di hutan lebat, tersebar sampai ketinggian 1.250 m dpl.

Ciung-batu Siul memiliki tubuh berukuran besar (32 cm). Bulu warna hitam seluruhnya, dengan bintik putih pada penutup sayap. Sayap dan ekor tersapu keunguan bersinar. Bulu kepala dan leher berbintik-bintik kecil mengkilap di ujungnya.

Habitat asli di alam dapat ditemukan dekat sungai besar, di antara bebatuan di hutan yang lebat. Sarang berbentuk cawan besar,dari batang, akar, daun,pada celah tepi sungai. Telur berwarna keputih-putihan, jumlah 2-3 butir. Perkembang biakannya antara bulan Oktober-April.

Burung ciung batu siul adalah burung asli Asia,wilayah persebarannya meliputi Turkestan, India, China, Asia Tenggara, Malaysia, dan juga Indonesia khususnya (Sumatra, Jawa) suara burung ini cukup merdu dengan siulannya yang mantab. Kalau buat burung rumahan juga bagus karena suaranya tidak memekakkan telinga. Silahkan dengarkan audio suara burung ciung batu siul dibawah ini.
Untuk karakter burung ini saya belum tahu karena belum banyak yang memelihara,apakah fighter atau bukan,tapi jika dilihat dari kelompoknya burung ini dari keluarga Muscicapidae, berarti karakternya fighter seperti Kacer dan Murai batu. Bagi yang sudah punya atau pernah memelihara burung ini silahkan komen. :D
Tag : suara burung
2 Komentar untuk "Kicau merdu burung ciung batu siul"
Back To Top