Suara burung cucak ijo kepala kuning dan kepala emas gacor

Suara burung cucak ijo kepala kuning dan kepala emas gacor-Burung cucak hijau/ijo kepala kuning atau nama dalam bahasa inggrisnya adalah "Sumatran Leafbird " .Cucak Hijau Kepala Kuning ini juga sering disebut dengan cucak hijau Medan. Secara fisik memang terlihat seperti burung cucak hijau biasa atau cucak hijau besar,hanya saja pada bagian atas kepala burung ini ada warna kuning.
Suara burung cucak ijo kepala kuning dan kepala emas
cucak ijo pala emas img by orientalbird

Burung cucak ijo kepala kuning dapat dijumpai di sepanjang Bukit Barisan pulau Sumatra, dari Aceh, Medan hingga ke Lampung. Karena tampilan warna burung ini  sering dianggap sama dengan Chloropsis aurifrons (Golden- fronted Leafbird), dan pernah dimasukkan sebagai subspecies Chloropsis aurifrons.

Tetapi ternyata keduanya berbeda secara morfologi, ukuran tubuh lebih besar dan jantan dari Sumatran Leafbird memiliki dahi (oranye kuning), dan yang betina menyerupai betina dari species Blue- winged Leafbird atau cucak ranti, tetapi dengan warna bulu tubuh bagian bawah kekuningan dan tidak ada warna biru pada sayap dan ekor (sangat berbeda dari Golden-fronted Leafbird, di mana jantan dan betina sangat mirip).

Burung ini memiliki suara kicauan yang bagus,sama seperti jenis cucak hijau yang lain. Silahkan download dan dengarkan mp3 suara burug cucak hijau kepala kuning dibawah ini. Mp3 yang saya sediakan disini adalah campuran antara sumatran leafbird (cucak ijo kepala kuning)  dan juga golden-fronted leafbird (cucak ijo kepala emas),saya lupa memberi identitas masing-masing ,yang saya ingat persis untuk kicauan burung cucak ijo kepala kuning/medan adalah nomor 2 dan 4 ;)  ,silahkan dinikmati,sama-sama bagusnya,
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania,
1 Komentar untuk "Suara burung cucak ijo kepala kuning dan kepala emas gacor"
Back To Top