Suara burung kinoi (cucak ranti mas)

Suara burung kinoi (cucak ranti mas)-Burung kinoi atau cucak ranti mas yang dalam bahasa inggrisnya disebut Blue-masked Leafbird (Chloropsis venusta) adalah sejenis burung pengicau asal asia yang merupakan bagian dari species burung daun atau leafbird, kalau di Indonesia dikenal sebagai Cucak Hijau. Nama Pasaran burung ini dikenal sebagai burung kinoy atau kinoi yang merupakan sebutan yang diberikan oleh orang Padang terhadap jenis burung ini.
Suara burung kinoi (cucak ranti mas)

Burung kinoi berukuran kecil (14 cm), cantik, berwarna hijau terang.Bulu tubuhnya didominasi warna hijau terang. Pada burung jantan dewasa, wajah dan dahinya berwarna biru. Itu sebabnya, burung ini disebut blue-masked leafbird , atau cica daun dengan topeng biru. Adapun strip malar, yaitu garis di sisi kiri dan kanan leher, berwarna ungu. Bagian tenggorokan berwarna hitam.

Pada Burung betina dewasa juga didominasi warna hijau terang, wajahnya juga biru. Tetapi ada perbedaan mencolok di bagian tenggorokannya, yaitu tetap biru (bukan hitam sebagaimana burung jantan). selain itu, burung betina juga tidak memiliki strip malar. Baik burung jantan maupun burung betina memiliki iris mata cokelat-gelap. Demikian pula paruhnya, sama-sama hitam. Pada burung muda, masih sulit dibedakan jenis kelaminnya, karena penampilannya hampir sama, dan mirip dengan burung betina dewasa.

Penyebaran dan ras Endemik dataran tinggi Sumatera, sepanjang jajaran Bukit Barisan, dari Aceh sampai Lampung, di ketinggian 600-1500 m. Burung Kinoi juga salah satu burung yang sangat cerdas yang mempunyai kemampuan cepat merekam suara burung-burung lainnya dan typikal suaranya sangat tajam. Sama seperti burung dari jenis Cica daun lain yang terkenal dengan kicauan dan lagunya yang bisa bervariasi dan menirukan suara burung lainnya. Silahkan dengarkan dan download audio mp3 suara burung kinoi dibawah ini,mp3 suara burung kinoi yang lain menyusul,untuk sementara 1 dulu.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
0 Komentar untuk "Suara burung kinoi (cucak ranti mas)"
Back To Top