Suara burung merbah lekir

Merbah lekir atau merbah luris leher adalah jenis burung pengicau dari kelompok burung merbah/cucak-cucakan. Dalam bahasa inggrisnya disebut Stripe-Throated Bulbul sedangkan bahasa ilmiahnya adalah Pycnonotus Finlaysoni . Disebut merbah lekir, karena bulu -bulu pada bagian tenggorokannya memiliki garis-garis atau setrip berwarna kuning, kontras dengan bagian dada hingga perbatasan dengan tenggorokan yang berwarna abu-abu.
Suara burung merbah lekir

Habitat atau wilayah persebaran species ini terdapat di asia, seperti di Kamboja, China, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Tidak dijumpai di Indonesia,kalaupun ada juga kemungkinan besar diperoleh dari orang yang membawanya dari negara tetangga.

Seperti jenis burung cucak pada umumnya, makanan burung merbah lekir adalah buah dan juga serangga.Suka hidup di hutan yang terbuka dan pinggir-pinggir kampung serta di perkebunan.
Jika di habitat asalnya,burung ini sering terlihat hidup berpasangan,dan burung jantan akan menguasai kawasannya sendiri. Burung ini termasuk jenis burung yang mempunyai wilayah teritorial dan akan menyerang burung jantan lain yang memasuki kawasannya.

Suara kicau burung merbah lekir cukup bagus,bisa gacor dan ngerol. Silahkan dengarkan audio mp3 nya dibawah ini.
  1. Suara burung merbah lekir
  2. Suara burung merbah lekir
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
0 Komentar untuk "Suara burung merbah lekir"
Back To Top