Suara burung tledekan/sikatan ninon

Download mp3 Suara burung tledekan/sikatan ninon-Burung Sikatan ninon (Eumyias indigo) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae dan merupakan species dari genus Eumyias. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga seperti kumbang, larva kunang- kunang,dan serangga lain, buah keci dan memiliki habitat di hutan gelap pegunungan, tersebar pada ketinggian 900-3.000 m dpl.
Suara burung tledekan/sikatan ninon

Di pasar burung, sering juga dianggap sebagai tledekan biru atau selendang biru,karena kemiripan warna bulunya.Ciri-ciri Sikatan ninon memiliki tubuh berukuran sedang (14 cm). Warna biru-nila gelap. Paling gelap, nyaris hitam di sekitar pangkal paruh. Dahi keputihan, dada bawah keabu- abuan, berangsur berubah menjadi keputihan pada perut. Tungging kuning tua (putih di Jawa).

Burung remaja: paruh hitam, kaki hitam. Cukup jinak, mudah didekati.Suka bertengger rendah dekat tanah. Kadang terlihat berkelompok. Burung ini membuat sarang berbentuk kantung dari lumut, dekat permukaan tanah. Telur berwarna agak putih, garis bintik-bintik kemerah-jambuan, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Februari-Agustus, Desember.

Penyebaran burung ini ada di Indonesia seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa. Berdasarkan penelitian para ahli,Ada tiga ras dari spesies ini berdasarkan wilayah habitat burung, yaitu :
  • Eumyias indigo ruficrissa : ditemukan di Sumatera.
  • Eumyias indigo indigo : ditemukan di Jawa, dengan ciri-ciri tungging berwarna putih
  • Eumyias indigo cerviniventris : ditemukan di Kalimantan bagian utara (G. Kinabalu ke selatan sampai G. Mulu).
Meski memiliki kemiripan corak warna bulu dengan Burung Selendang biru/pale blue flycatcher,tapi suara kicau keduanya  tidak sama. Silahkan dengar dan download audio suara burung sikatan ninon dibawah ini.
0 Komentar untuk "Suara burung tledekan/sikatan ninon"
Back To Top