Burung Anis dada orange

Burung Anis dada orange atau orange ground-thrush (Geokichla gurneyi) adalah salah satu jenis burung Anis atau Punglor yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut Turdidae. Burung ini masih satu kerabat dengan burung Anis Merah yang banyak dijumpai di Indonesia. Keduanya sama-sama dari Genus: Geokichla.
Burung Anis dada orange
img credited to http://ibc.lynxeds.com/

Burung ini dapat dijumpai di kawasan benua Afrika. Wilayah penyebarannya meliputi Angola, Democratic Republic of the Congo, Kenya, Malawi, Mozambique, South Africa, Swaziland, Tanzania, Zambia, dab Zimbabwe. Habitat aslinya ada di hutan tropis maupun sub tropis dan juga menyukai tempat-tempat yang rimbun seperti hutan-hutan dan pegunungan.

Burung ini juga memiliki 5 sub spesies,diantaranya adalah:
  • Z. g. chuka (van Someren, 1931) – Mt Kenya dan Kikuyu escarpment. 
  • Z. g. raineyi (Mearns, 1913) – SE Kenya dan N Tanzania. 
  • Z. g. otomitra (Reichenow, 1904) – W Angola, SE DRCongo, Tanzania dan N Malawi. 
  • Z. g. disruptans (Clancey, 1955) – C Malawi S ke Mozambique, E Zimbabwe, NE South Africa (Northern Province) dan N Swaziland. 
  • Z. g. gurneyi (Hartlaub, 1864) – E South Africa (KwaZulu-Natal S to Eastern Cape).

Memiliki panjang tubuh sekitar 18–23 dengan warna bulu di bagian dada orange, tubuh bawah bagian belakang putih dan warna bulu tubuh bagian atas coklat dengan semburat warna putih di bagian ujung sayapnya. Memiliki lingkaran mata atau kaca mata berwarna putih dan makanannya adalah serangga dan buah-buahan.

Suara kicau burung ini yang asli dialam juga bagus. Sama seperti suara kicau burung anis merah yang asli di hutan. Namun suara yang dinyanyikan burung ini terdengar cenderung monoton. Silahkan download audio mp3 nya dibawah ini.
  1. Orange ground-thrush  Mp3
  2. Orange ground-thrush  Mp3
  3. Orange ground-thrush  Mp3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
16 Komentar untuk "Burung Anis dada orange"
Back To Top