Burung murai batu Andaman

Burung murai batu Andaman. Murai batu Andaman atau Andaman shama (Copsychus albiventris ) adalah species burung pengicau dari kelompok burung Muscicapidae yang masih satu genus dengan burung Murai batu dan Kacer. Burung ini merupakan species asli di pulau kecil wilayah India yaitu Andaman.

Burung murai batu Andaman

Berbeda dengan burung murai yang kita jumpai di Indonesia yaitu berwarna orange secara keseluruhan pada bagian bawah tubuhnya dan warna hitam di bagian kepala,leher, tubuh bagian atas serta ekor hitam putih. Warna bulu pada burung Murai Andaman ini adalah putih dibagian dada dan tubuh bagian bawah, warna orange sedikit di tungir dan sedikit serabut orange di bagian tepi tubuh bagian bawah. Ekornya sama yaitu berwarna hitam dan putih.

Ada juga burung murai di Indonesia yang menyerupai murai andaman ini. Entah karena faktor kelainan genetik atau memang ada species turunan murai andaman yang ada di Indonesia khususnya Aceh. Saya pernah melihat seekor burung murai batu milik seorang penggemar murai.

Berpenampilan seperti murai andaman,tapi di Indonesia sendiri khususnya pecinta burung murai menyebutnya Murai batu supak dari ujung pancu,Aceh Besar. Berikut ini penampakannya.
Burung murai batu supak

Konon murai batu supak dari ujung pancu tersebut memiliki karakter super fighter. Jadi ketika ada suara burung lain yang didengarnya, maka burung ini akan sangat agresif dan langsung menunjukkan kemampuan kicaunya untuk menandingi. Mungkin tidak banyak yang memiliki burung murai yang satu ini.

Kembali ke topik murai andaman, suara kicau burung ini memang bagus dan unik di alam liar. Typikal suaranya besar ,Silahkan dicek 2 audio suara burung murai andaman koleksi blog ini di link download berikut.Kami belum menemukan audio murai andaman yang dipelihara. Suara murai andaman tersebut kami kutip dari situs file sharing audio burung internasional.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
Tag : suara burung
4 Komentar untuk "Burung murai batu Andaman"
Back To Top