Burung srigunting jambul rambut

Srigunting jambul-rambut (Dicrurus hottentottus) adalah burung Asia pada familia Dicruridae. Spesies ini dahulu dianggap sejenis dengan Dicrurus bracteatus , dengan nama "Srigunting Kelip" – yang dahulu digunakan pada kedua spesies itu yang sekarang namanya sudah disediakan.
Burung srigunting jambul rambut

Beberapa pihak memasukkan Srigunting sumatra (D. sumatranus) pada D. hottentottus sebagai subspesies.

Burung ini mempunyai ukuran tubuh agak besar dibanding dengan burung jenis srigunting yang ada di Indonesia yang lain,yaitu sekitar (32 cm) panjang. Tubuh warna hitam mengkilap. Bulu berbintik mengkilap terang. Ekor panjang terbelah tumpul, ujung bulu terluar tertekuk membentuk huruf U. Beberapa ras memiliki jambul dengan bulu seperti rambut yang panjang di mahkotanya. Ras timur memiliki mata putih. Iris merah atau putih, paruh hitam, kaki hitam.

Menyukai tempat-tempat seperti hutan terbuka, hutan dataran rendah dan di kaki gunung. Makanan utamanya adalah serangga,seperti jangkrik, belalang, tongkeret dan jenis-jenis serangga berukuran besar yang lain seperti kumbang. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Wilayah Penyebaran meliputi India, Cina, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malyasia). Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku.

Suara burung ini juga bagus,tajam dan keras. Silahkan download audionya dibawah ini.
Informasi tentang burung-burung lokal dan semua jenis burung disini bersumber dari beberapa situs besar seperti wikipedia,undip.co.id dll. Kami hanya mendaur ulang dan sedikit memodifikasi berdasarkan pengetahuan yang kami ada. Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
1 Komentar untuk "Burung srigunting jambul rambut"
Back To Top