File gambar yang terproteksi

Pernah tidak sobat blogger semua mendownload sebuah gambar atau file apapun yang didalamnya disisipi hak cipta atau copyright. Untuk melihat data yang ada dalam file (saya contohkan disini adalah gambar atau foto) bisa dengan klik kanan kemudian pilih menu paling bawah yaitu Properties. Kita bisa melihat identitas asli file tersebut pada menu details di halaman properties tersebut. 
File gambar yang terproteksi
gagal fokus memberi nama gambar

Ada nama, title, publiser, URL, jenis kamera, shutter speed, dan lain-lain yang biasanya diterapkan oleh photographer professional luar negeri. Memang sangat penting memasukkan identitas tersebut untuk menunjukkan bahwa itu gambar miliknya. Tulisan copyright yang terpampang di gambar bisa dihilangkan dengan software ataupun croping jika tulisan copyright nya berada di bagian yang jauh dari object.

Dengan adanya tekhnology yang semakin canggih,proteksi file gambar pun juga jadi prioritas utama bagi pemilik gambar supaya tidak ada tindakan penduplikasian file miliknya. Meskipun dengan adanya croping maupun edit pencahayaan, identitas gambar tersebut tidak akan berubah Dalam menu properties-details yang saya tuliskan diatas kita bisa menghapus semua data bawaan file tersebut. Bisa dengan menghapus satu persatu maupun secara keseluruhan sekali dengan memanfaatkan menu yang bertuliskan Remove Properties and Personal Information seperti ini.

File gambar yang terproteksi
seharusnya untuk blog njongeblog

Ada gambar yang identitasnya bisa dihilangkan ataupun diganti,tapi ada juga yang tidak bisa diganti. Kalaupun bisa mengganti identitas di dalamnya, biasanya file gambar tersebut akan rusak atau tidak bisa dibuka. Ada juga yang bisa diganti identitasnya, tapi tidak semua, karena ada beberapa option yang tidak bisa dirubah.Akan muncul pemberitahuan yang memerintahkan untuk menghubungi sang pemilik foto aslinya. 

Dulu saya pernah mendapatkan komplain dari DMCA di blog yang sudah tidak terurus. Pemberitahuan itu muncul di halaman utama atau dashboard blogger.com. Memberi tahu saya bahwa gambar yang anda gunakan mengandung hak cipta dan menyuruh untuk menghapusnya. Sejak saat itu saya mulai selektif mencari gambar untuk diupload lagi ke blog. Saya akan menautkan link sumber asal gambar yang saya gunakan jika di blog yang saya ambil gambarnya tersebut ada peraturannya.

Dalam hal ini saya tidak tahu bagaimana system google merayapi sebuah file gambar. Tapi yang jelas, untuk keamanannya silahkan untuk selektif memilih gambar jika anda mencarinya di search engine.
Tag : blogger, Catatan, Tips
9 Komentar untuk "File gambar yang terproteksi"
Back To Top