Kicau burung srigunting lencana

Srigunting lencana atau dalam bahasa inggrisnya disebut Spangled drongo Dicrurus bracteatus memiliki ukuran tubuh sepanjang 27 cm, dengan bentuk ekor yang bercabang dan melengkung. Tubuhnya berwarna kehitaman yang akan terlihat mengkilap kebiruan jika terkena cahaya. Iris matanya berwarna merah terang.
Kicau burung srigunting lencana

Srigunting lencana tersebar di Papua dan sekitarnya, termasuk juga di Australia. Terdapat 11 sub-spesies dari burung srigunting lencana ini dengan daerah persebarannya sendiri-sendiri. Ke 11 sub- spesies tersebut adalah:

  • Dicrurus bracteatus morotensis tersebar di Morotai, ujung utara Halmahera (Maluku utara).
  • Dicrurus bracteatus atrocaeruleu s tersebar di Halmahera, Bacan, dan Kep. Papua bagian barat (Pulau Kofiau). 
  • Dicrurus bracteatus buruensis tersebar di P. Buru, di Maluku barat daya. 
  • Dicrurus bracteatus amboinensis tersebar di Maluku selatan (Seram, Ambon, Haruku, Saparua). 
  • Dicrurus bracteatus carbonarius tersebar di dataran rendah Papua dan pulau-pulau satelitnya, dan Kep. Aru. 
  • Dicrurus bracteatus laemostictus tersebar di Bismarck selatan (Umboi dan New Britain). 
  • Dicrurus bracteatus meeki tersebar di Kep Solomon selatan (Guadalcanal). 
  • Dicrurus bracteatus longirostris tersebar di Kep Solomon selatan (San Cristobal). 
  • Dicrurus bracteatus baileyi tersebar di Australia barat-laut (Kimberley Division utara, Pulau Bathurst, Pulau Melville, dan Arnhem Land utara). 
  • Dicrurus bracteatus atrabectus tersebar di Australia timur-laut; mungkin bermigrasi ke Selat Torres dan Pulau Papua tengah bagian selatan. 
  • Dicrurus bracteatus acteatus tersebar di Pantai timur Australia, pulau-pulau di Selat Torres dan Pulau Papua tengah bagian selatan.

Catatan: Beberapa pakar memasukan srigunting jambul-rambut dan srigunting sumatera sebagai ras atau sub-spesies dari srigunting lencana. Seperti juga burung srigunting lainnya, makanan utama burung srigunting lencana adalah serangga dan binatang-binatang kecil. Burung ini kerap bertengger di cabang-cabang pohon di hutan, tepi hutan, kebun, serta habitat terbuka untuk memantau wilayah kekuasaan (teritorial) dari kemunculan serangga atau burung lain yang terlihat membawa serangga.

Perilaku burung srigunting memang cukup culas, karena ia akan bertingkah laku seperti perampok yang akan merampas serangga yang telah ditangkap oleh burung dari jenis lainnya. Burung srigunting lencana memang terkenal cukup agresif terhadap burung lainnya. Srigunting lencana termasuk burung yang memiliki kemampuan meniru suara-suara yang didengarnya dengan sangat baik. Suara kicauannya bahkan cukup bervariasi, dengan paduan suara-suara tiruan dari burung lainnya.

Silahkan download audionya di bawah ini:
Riuh suara burung campuran + srigunting lencana
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania
1 Komentar untuk "Kicau burung srigunting lencana"
Back To Top